Ads (728x90)


PADANGPOS.COM. (Padang),  


Perjuangan pahlawan nasional, Bagindo Aziz Chan dalam melawan penjajah mesti diteladani oleh generasi muda bangsa. Selain diwarisi dan diwariskan, cukup banyak mutiara keteladanan yang harus diinternalisasikan kepada generasi muda. 

Demikian antara lain dikatakan Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah saat diwawancarai usai upacara peringatan gugurnya pahlawan nasional, Bagindo Aziz Chan ke-68 di RTH Imam Bonjol, Sabtu (1/8). “Perjuangan dan keteladanan Bagindo Aziz Chan perlu dan harus kita internalisasikan,” tutur Mahyeldi. 

Guna memaksimalkan internalisasi keteladanan tersebut, 

Pemerintah Kota Padang akan merancang kegiatan dengan harapan perjuangan Bagindo Aziz Chan menjadi panutan bagi generasi muda bangsa. Kegiatan itu yakni napak tilas perjuangan Bagindo Aziz Chan tingkat nasional. “Insha Allah tahun 2016 nanti diadakan napak tilas perjuangan Bagindo Aziz Chan tingkat nasional karena beliau adalah pahlawan nasional,” terang Walikota. 

Kegiatan napak tilas ini nantinya akan diikuti seluruh provinsi dan kabupaten / kota di Indonesia. “Kita punya kewajiban untuk memberitahukan dan menjelaskan ke provinsi lain di Indonesia bahwa Bagindo Aziz Chan adalah pahlawan nasional dan salahsatu caranya adalah lewat napak tilas tingkat nasional,” sebut Mahyeldi. 

Napak tilas yang diadakan kali ini diikuti sekitar lebih kurang 1.470 peserta. Mereka berasal dari 6 kabupaten kota di Sumatera Barat. Napak tilas itu sendiri dimulai Jumat (31/7) malam di halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat. Pada malam napak tilas itu juga digelar teatrikal episode heroik peristiwa pembunuhan Bagindo Aziz Chan oleh tentara Belanda. 

Rencana Walikota, teatrikal pembunuhan Bagindo Aziz Chan nantinya akan dilombakan di tingkat sekolah di Sumatera Barat. Dengan digelarnya lomba teatrikal ini proses internalisasi perjuangan Bagindo Aziz Chan di tengah generasi muda bangsa semakin baik.(tf/ch).

Post a Comment