Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),


Koperasi di Kota Padang terus menunjukkan tajinya. Berkat maju dan berkembangnya koperasi, akhirnya Walikota Padang meraih Satya Lencana Pembangunan dari pemerintah pusat belum lama ini. 

Bila dilihat, pertumbuhan koperasi di Kota Padang memang menunjukkan grafik yang meningkat pesat. “Pertumbuhan koperasi di Kota Padang ini setiap tahunnya menunjukkan perkembangan yang menggembirakan,” kata Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si saat peringatan Hari Koperasi ke-68 Tahun 2015 di Palanta kediaman Walikota jalan A. Yani, Kamis (27/8). 

Dikatakan Wawako, jumlah koperasi yang telah berbadan hukum hingga tahun ini yakni sebanyak 73 koperasi. Dengan jumlah anggota sebanyak 115.274 orang. Masing-masing koperasi ini terbentuk dengan beragam latar belakang dan modal, seperti dengan modal sendiri maupun dari modal luar. 

“Sisa Hasil Usaha koperasi di Kota Padang mencapai Rp 64.668 miliar dengan tenaga kerja sebanyak 2.221 orang,” sebut Wawako.

Selain itu Wawako juga menyebut, setiap koperasi harus mampu membangun usaha-usaha produktif untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Maka dari itu pemerintah akan memberikan bantuan kepada koperasi tersebut. Sedangkan koperasi yang tidak mempunyai usaha tidak akan mendapat bantuan tersebut. 

Tema yang diangkat pada peringatan HUT Koperasi ke-68 kali ini yakni “Jaya dan Maju Terus Koperasi Indonesia”. Dari tema dapat ditarik kesimpulan bahwa peringatan koperasi kali ini bertujuan untuk memajukan kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat umumnya. Lewat peringatan ini juga diharapkan akan terbangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur. 

Disebutkan Wawako, koperasi UMKM cukup efektif mengurangi angka kemiskinan. Karena itu Wawako berharap supaya koperasi mampu dikelola lebih lagi. Dengan itu dapat dipastikan pula bisa mensejahterakan para anggotanya sehingga mampu menyelesaikan persoalan ekonomi keluarga.

 “Karena itu mengajak penggiat koperasi se-Kota Padang baik koperasi konvensional maupun koperasi KJKS untuk dapat meningkatkan kualitas pengelolaan dan professional, mandiri dan siap untuk bersaing di era MEA serta globalisasi,” terang Emz
almi.

Sementara Kadis Koperasi dan UKM Kota Padang, Yunisman menyebut selama ini telah digelar sejumlah kegiatan untuk memotivasi perkoperasian di Kota Padang. Diantaranya yakni bazaar di kecamatan Kuranji dan Pauh, perlombaan MTQ serta lomba koperasi berprestasi, gerak jalan santai dan lainnya. 

Dalam peringatan HUT Koperasi itu juga dilakukan pelantikan pengurus pusat koperasi syariah Kota Padang. Serta diserahkan penghargaan kepada pelaku dan penggerak koperasi di Kota Padang.(tf/ch/dv).

Post a Comment