Ads (728x90)

PADANGPOS (Dharmasraya)-

Pejabat Bupati Kabupaten Dharmasraya, Drs H Syafrizal MM Datuk Nan Batuah, melaporkan kronologis pengrusakan rumah dinas kepada Gubernur Sumatera Barat,  yang dilakukan sekitar 30 orang pengujuk rasa yang diduga para penambang emas tanpa izin, Senin, 26 Oktober 2015.

"Jujur, saya kaget juga ada media yang menulis berita jumlah pengunjuk rasa tiga ribu orang. Saya nilai tanggung ditulisnya tiga ribu orang, kenapa nggak ditulisnya tiga ratus ribu orang saja," kata Syafrizal Ucok, kepada Tabloid Bijak, di rumah dinas, Rabu, 28 Oktober 2015.

Menurut Syafrizal Ucok, saat razia dilakukan aparat kepolisian, ada tujuh orang wartawan yang diajak ke lokasi. Tapi beritanya, ada juga yang tak sesuai fakta. "Masyarakat sekarang sudah melek informasi, terutama informasi di media sosial, jadi bisa menilai mana berita yang benar dan mana pula berita yang sensasional," kata mantan kepala biro pemerintahan kantor Gubernur Sumbar ini.

Laporan PJ Bupati Dharmasraya, sengaja diturunkan secara utuh, agar masyarakat khususnya Dharmasraya bisa memahami dan memakluminya. Berikut laporannya:
 
BUPATI DHARMASRAYA

Pulau Punjung,     Oktober 2015
Nomor :  400/        /Kesbangpol-2015
Sifat : Penting   Kepada Yth. :
Lamp. : 1 (satu) rangkap Bpk Gubernur Sumatera Barat
Perihal : Laporan Peristiwa Perusakan Rumah Dinas Bupati Dharmasraya
    di-
          Padang

           Dengan hormat, 
Bersama ini kami laporkan kepada Bapak bahwa telah terjadi perusakan rumah dinas Bupati Dharmasraya oleh massa yang diduga para penambang emas tanpa izin (PETI) pada hari  Senin tanggal 26 Oktober 2015 pukul 19.30 WIB. Adapun kronologis kejadian dapat kami sampaikan sebagai berikut : 

1. Beberapa fraksi DPRD dalam pemandangan umum terhadap nota pengantar beberapa Ranperda pada akhir September 2015 meminta agar pemerintah daerah Kabupaten Dharmasraya melaksanakan penertiban emas tanpa izin (PETI). Permintaan anggota DPRD tersebut didasarkan pada terjadinya kemarau panjang yang menyebabkan krisis air bersih sehingga masyarakat menjadikan sungai sebagai sumber air bersih. Sementara akibat aktifitas tambang illegal telah menyebabkan air menjadi keruh oleh sedimen dan zat berbahaya. 

2. Berdasarkan hasil pemantauan Dinas ESDM dan observasi melalui google earth telah terjadi kerusakan lahan akibat PETI yang diperkirakan mencapai 3.400 ha di bantaran sungai, baik di batang hari maupun pada anak – anak sungai batang hari (sungai mimpi, sungai nyunyu, sungai palangko, sungai rotan, sungai batiak dan sungai batang siat). 

3. Berdasarkan buku yang diterbitkan oleh Asisten Deputi Pengelolaan B3 eputi Pengelolaan B3 Kementrian Lingkungan Hidup bahwa air sungai batang hari telah tercemar oleh air raksa (HG) akibat Kegiatan PETI. 

4. Dengan kondisi tersebut, Polres Dharmasraya membentuk tim gabungan yang terdiri dari anggota Kodim 0310 SSD, dan Satpol PP Kabupaten Dharmasraya untuk melaksanakan penertiban di sejumlah lokasi sentra PETI. 

5. Polres Dharmasraya melaksanakan pra penertiban dengan menurunkan Babinkantibmas untuk mensosialisasikan pelarangan PETI sesuai dengan Himbauan Bupati Dharmasraya Nomor 540/ 205/ ESDM/ 2015 tentang pelarangan Pertambangan Tanpa Izin tanggal 18 September 2015. 

6. Pada hari Senin tanggal 26 Oktober 2015 sekitar pukul 10.00, tim gabungan beranggotakan 260 orang beserta 7 wartawan media cetak dan elektronik turun ke lapangan untuk melaksanakan penertiban PETI di kawasan Sungai Pinang Jorong Durian Simpai Nagari Koto Nan Ampek Dibawuah Kecamatan Sembilan Koto Kabupaten Dharmasraya. 

7. Dalam penertiban operasi tersebut, tim gabungan tidak mendapati satu orangpun pekerja PETI yang melaksanakan aktifitas penambangan kecuali ada dua orang pedagang mie rebus dan kemudian dua pedangan tersebut diperintahkan untuk menjauhi lokasi penambangan. 

8. Tim gabungan kemudian mensweeping kawasan PETI untuk memastikan bahwa tidak ada satupun pekerja tambang yang berada di bedeng – bedeng maupun di lobang – lobang penambangan. 

9. Setelah memastikan tidak ada lagi pekerja tambang yang beraktifitas di kawasan tersebut, tim gabungan kemudian memilih barang barang yang tidak terkait dengan aktifitas penambangan untuk dipisah dan diselamatkan  seperti TV. 

10. Tim gabungan melakukan pembakaran terhadap bedeng dan pintu sumur tambang yang biasa digunakan oleh para penambang. Selama proses pembakaran tetap dipantau dan ditunggui oleh seluruh anggota tim gabungan. 

11. Setelah memastikan semuanya sudah terbakar, tim gabungan melaksanakan konsulidasi untuk kembali ke pangkalan (kantor bupati dharmasraya dan polres dharmasraya). Dalam perjalanan pulang tim gabungan sempat melaksanakan makan siang bersama. 

12. Dalam perjalanan pulang, tim gabungan menerima informasi dari masyarakat bahwa ada yang meninggal dunia didalam lobang dan jenazahnya akan dibawa ke Kantor Bupati Dharmasraya.

13. Berdasarkan laporan Kapolres Dharmasraya, Bupati dan Forkopimda Dharmasraya yang baru mengakhiri rapat persiapan penutupan TMMD menunggu jenazah di teras kantor bupati dharmasraya. Namun didalam perjalanan massa yang membawa jenazah tiba tiba merubah  rute dan mayat dibawa kerumah dinas Bupati Dharmasraya di Jln. Lintas Sumatera Km. 5 Pulau Punjung. 

14. Kedatangan massa kerumah dinas bupati dharmasraya menuntut pertanggungjawaban Bupati Dharmasraya atas penertiban PETI yang memakan korban jiwa. 

15. Bupati bersama Forkopimda bermaksud menerima kedatangan massa yang membawa jenazah yang diduga pelaku PETI. Namun  sesampai di rumah dinas bupati, jenazah diletakkan di teras rumah dinas bupati dharmasraya. 

16. Belum sempat memberikan penjelasan kepada massa, tiba – tiba emosi masssa meluap dan melempari kaca rumah dinas bupati dharmasraya sampai pecah – pecah. Massa makin bertambah emosinya karena ada isu bahwa korban yang meninggal dunia karena dibakar oleh aparat yang melakukan penertiban PETI. 

17. Situasi kemudian menjadi agak memanas, Polres Dharmasraya memutuskan menyelamatkan Bupati dan Forkopimda ke tempat yang aman dikomplek rumah  dinas bupati dharmasraya. 

18. Selanjutnya pasukan gabungan membubarkan massa yang berkerumun di depan rumah dinas bupati dharmasraya. 

19. Bupati dan Forkopimda mengadakan pertemuan dengan melibatkan perwakilan penambang, Wali Nagari, Camat Sembilan Koto, Forkopimda dan instansi terkait di rumah dinas untuk membahas permasalahan yang terjadi. 

20. Pertemuan tersebut melahirkan 3 (tiga) putusan penting yakni : 
a. Pemerintah Daerah Kabupaten Dharmasraya ikut berbelasungkawa atas meninggalnya salah seorang yang diduga penambang liar dan akan memberikan santunan duka cita kepada keluarga korban. 
b. Akan melakukan kajian ulang terhadap kelangsungan usaha penambangan emas
c. Mayat dilakukan visum di RSUD Sei Dareh

21. Usai melaksanakan rapat tersebut, massa kemudian berangsur meninggalkan rumah dinas bupati dharmasraya. Sebagian lagi bertahan di Simpang Silago Jln. Lintas Sumatera Km. 4 dengan memblokir jalan lintas yang membakar ban bekas. Tim gabungan kembali membubarkan massa dengan gas air mata. 

22. Dalam pembubaran massa tersebut ada dua orang korban mengalami luka – luka karena lemparan batu atas nama Hendri (37 tahun) kepala jorong muaro momong Nagari Sungai Kambut Kec. Pulau punjung, dan Ulil Amri (30 tahun) warga Jorong Durian Simpai Nagari ampek Koto Dibawuah Kecamatan Sembilan Koto. 

23. Berdasarkan hasil visum terhadap korban meninggal disebabkan oleh kekurangan oksigen. Tidak ada tanda – tanda penganiayaan dan pembakaran. Korban meninggal atas nama Ritoni Arif (25 tahun) warga Selayo Kabupaten Solok. Korban lainnya bernama Eko (33 tahun) warga Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur yang mengalami luka bakar 50% dan saat ini dirawat khusus di RSUD Sei Dareh dengan pengawalan polisi. 

24. Berdasarkan pengakuan Eko (korban luka bakar), bahwa dirinya diajak korban yang meninggal untuk mencuri batu yang mengandung emas di dalam lobang tambang disaat pemilik telah meninggalkan lokasi lobang karena mengetahui adanya penertiban PETI. 

25. Pada hari Selasan tanggal 27 Oktober 2015 jam 14.00 WIB, Bupati Dharmasraya bersama Kapolres Dharmasraya dihubungi oleh Ketua DPRD Dharmasraya untuk memberikan informasi berkaitan perusakan rumah dinas bupati dharmasraya. 

26. Pertemuan dihadiri oleh Ketua DPRD, para wakil ketua DPRD, pimpinan kelengkapan DPRD dan sejumlah anggota. Dilakukan secara informal di ruang kerja DPRD, dalam pertemuan tersebut Bupati Dharmasraya dan Kapolres Dharmasraya memaparkan paparan kronoligis upaya penertiban PETI sampai perusakan rumah dinas bupati dharmasraya. 

27. Pihak DPRD mengharapkan agar pelaksanaan penertiban PETI tetap dilakukan namun harus dengan penuh perhitungan dan professional serta mengedepankan teknik edukasi daripada eksekusi. Kemudian pelaksanaan penertiban harus memenuhi unsur keadilan dan pemerataan supaya tidak menimbulkan dampak sosial yang dapat memicu konflik lanjutan. 


28. Pada hari Rabu tanggal 28 Oktober 2015 situasi di lokasi PETI dan di ibukota kabupaten dalam keadaan aman dan terkendali. Rumah dinas yang mengalami sedikit perusakan telah diperbaiki kemudian jenazah diantarkan ke kampung halaman Selayo Kabupaten Solok. Korban lainnya masih mendapat perawatan di RSUD Sei Dareh. Polisi melakukan pengusutan lebih lanjut untuk memastikan apakah ada indikasi atau sebab lain yang memicu perusakan rumah dinas bupati dharmasraya. Kemudian telah diturunkan 1 (satu) kompi Brimop Polda Sumbar. 

Demikian laporan ini kami sampaikan, agar Bapak Gubernur dapat memfasilitasi penertiban PETI di sepanjang sungai batang hari dan anak – anak sungai batang hari yang dimulai dari Kabupaten Solok Selatan sampai Kabupaten Dharmasraya, terimakasih.

Pj. BUPATI DHARMASRAYA



Drs. H. SYAFRIZAL, MM

Tembusan disampaikan kepada yth:
1. Menteri  Dalam Negeri di Jakarta.
2. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri di Jakarta.
3. Ketua DPRD Sumatera Barat di Padang.
4. Danrem 032 Wirabraja di Padang
5. Kapolda Sumatera Barat di Padang. 
6. Danlantamal di Teluk Bayar. 
7. Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat di Padang.
8. Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat di Padang
9. Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya di Tebing Tinggi. 
10. Dandim 0310 SSD di Sijunjung. 
11. Kapolres Dharmasraya di Gunung Medan.
12. Kepala Kejaksaan Negeri Pulau Punjung di Pulau Punjung.

Post a Comment

  1. Sebelum saya ceritrakan kisah hudupku terlebih dahulu perkenalkan nama saya Pak Kusniadi. Dari Bogor. saya hanya ingin berbagi ceritah dengan kalian semua para penggilah togel, awalnya itu saya hanya kuli bagunan,punya anak dua,dan istri saya hanya penjual syayur keliling dikampung kami , ekonomi kami sangat pas-pasan, hutan tambah numpuk, anak saya juga butuh biaya sekolah,hidup ini bener-bener susah.Tapi akhirnya ada teman saya yang bilang bila mau merubah nasib coba hubungi nomor hp MBAH JEJE TRIJAYA katanya dia bisa membantu orang yang lagi susah. jadi saya lansung hubungi MBAH JEJE TRIJAYA, dan saya menceritakan semuanya, tenteng keluarga kami akhirnya saya di kasih angka ghaib [4d,] sudah 3x putaran tembus,dengan adanya MBAH JEJE TRIJAYA,saya sekeluarga bersukur semua utang saya lunas bahkan sekarang saya sudah buka usaha. silahkan anda buktikan sendiri insya allah anda tidak akan kecewa dari angka ghaib MBAH JEJE TRIJAYA bagi yang berminat hubungi MBAH JEJE TRIJAYA di nomor ini: 0823 3737 6471 dan saya sudah buktikan sendiri angka ghaibnya demih allah demi tuhan...ini kisah nyata dari saya,terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya perkenalkan nama saya Rahmad Bastian di jawa tengah ingin menceritakan kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling susah kampungku,buat makan aja harus ngutan dulu ama tetangga itupun kalau ada yg mau ngasi,semakin saya berusaha semakin susah juga dapat pekerjaan dan selama saya ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yang benci ama saya dan cuma dianggap orang rendah,miskin,tidak punya apa-apa. Maka dari itu saya akhirnya bertekat untuk pergi mencari dukun yang bisa merubah nasib saya disuatu hari saya bertemu sama orang yang pernah dibantu ama AKI ROTAK dan dia memberikan nomer AKI ROTAK ,dia juga bilan kepada saya kalau AKI ROTAK bisa membantu orang yang lagi kesusahan,dan saya tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi AKI ROTAK dengan senan hati AKI ROTAK ingin membantu saya dengan jalan togel,dan alhamdulillah saya sudah menang togel yang ke3 kalinya.setelah keberhasilan ini rencana saya ama keluarga ingin buka usaha demi untu kebutuhan keluarga yang tercinta sekali lagi makasih ya aki atas bantuanya jasa aki tidak akan perna saya lupakan.bagi teman-teman diluar sana yang ingin seperti saya silahkan hubungi AKI ROTAK di 082388316533 atau silahkan KLIK DISINI dan saya sangat bersyukur kepada allah swt karna melalui bantuan AKI ROTAK kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tidak akan datan untuk yg kedua kalinya.

      Delete
    2. Terimah kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
      telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
      sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
      punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
      kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
      Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
      tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
      lagi…terimah kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
      masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
      dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau klik http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
      dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

      Delete


  2. SAYA ATAS NAMA: IBU IDHA

    Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang.
    pembantu rumah tangga di malaysia. pendapatannya tidak seberapa dan.
    tidak pernah cukup dalam kebutuhan keluarga saya,, suatu hari saya dapat.
    informasi dari teman bahwa MBAH GUNTUR bisa memberikan angka ritual/goib.100% tembus.
    akhirnya saya ikuti 4D nya dan alhamdulillah memanG bener-bener terbukti tembus.
    saya sangat berterimakasih banyak kpd MBAH GUNTUR.atas bantuan MBAH saya sekarang.
    sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga saya bahkan saya juga sudah buka.
    usaha matrial dan butik pakaian muslim.
    Jika anda mau buktikan
    silahkan bergabun sama MBAH GUNTUR
    Di: No: tlp.0853-7778-4848/+62853 7778 4848
    Saya sudah buktikan benar2 tembus 3x permainan...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
      berikan 4 angka 3696 alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
      sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI ALIH,,di no (((0823 1366 9888)))
      insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
      juta, wassalam.


      dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....




      Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


      1"Dikejar-kejar hutang

      2"Selaluh kalah dalam bermain togel

      3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


      4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


      5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
      tapi tidak ada satupun yang berhasil..


      Solusi yang tepat jangan anda putus asah.... AKI ALIH akan membantu
      anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
      butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
      100% jebol
      Apabila ada waktu
      silahkan Hub: AKI ALIH: (((0823 1366 9888)))

      KLIK RAMALAN TOGEL 4D 5D 6D


      angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/


      angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/


      angka GHOIB; malaysia


      angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/


      angka GHOIB; laos

      Delete