Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),  

Meski Kecamatan Padang Barat berada di jantung kota Padang, namun di daerah itu masih terdapat lahan kosong yang dibiarkan tak tergarap. Melihat kondisi itu, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan Kehutanan (Dispernakbunhut) dan Kecamatan Padang Barat menghidupkan kembali lahan tersebut.

Sabtu (21/11), lahan tidur di Kelurahan Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat ditanami pohon produktif. Lahan seluas 400 m2 ditanami jagung, ubi kayu, terung, sayur ceisin / pangsit, pohon jambu dan lengkeng. Seluruh bibit tersebut ditanami bersama-sama, pagi itu.

Kepala Dinas Pernakbunhut Dian Fakhri mengatakan lahan kosong tidak memberikan sumbangsih positif terhadap pembentukan lingkungan sekeliling serta tidak memiliki nilai sosial dan nilai ekonomi.

"Ini bertentangan dengan Pasal 33 Ayat 3 UUD 1945 dan UU No. 5 Tahun 1960 tentang UUPA," katanya, Sabtu itu.

Dilanjutkannya, pemerintah, masyarakat dan badan hukum, wajib memelihara tanah, menambah kesuburannya. Untuk itu perlu terus disosialisasikan program pemanfaatan lahan tidur ini di masyarakat.

"Kelurahan agar menciptakan ketahanan pangan, apalagi masalah tanah kosong termasuk salah satu kewenangan pemerintah kota," tambah Dian.

Sementara itu Camat Padang Barat, Arfian, meminta lurah-lurah untuk menggalakan program ini di wilayah masing. Apabila ada lahan kosong di wilayah kelurahan lakukan pendekatan dengan pemilik lahan untuk bisa di manfaatkan.

"Dan bila diizinkan, kecamatan akan memfasilitasi ke Dinas Pernakbunhut untuk meminta bibit dan pohon serta melakukan pembinaan cara bertanam dengan baik melalui penyuluh pertanian," pungkasnya.(tf/ch/du).

Post a Comment