Ads (728x90)

SEBAGAI perintang-perintang waktu menjelang libur akhir pekan, Humas dan Protokol Kota Padang sengaja menampilkan kembali kondisi Padang pada saat zaman Belanda dulu. Ini dimaksudkan untuk mengembalikan lagi memori lama masyarakat Kota Padang sekaligus mengulas sejarah Kota Padang yang terarsipkan. Berikut kami sajikan untuk dunsanak pembaca.
Padang telah berusia 346 tahun. Usia yang teramat tua memang. Begitu banyak perubahan yang terjadi di Kota Padang, baik sejak zaman Belanda hingga saat ini. Utamanya perubahan jalan, infrastruktur dan lainnya.
Salah satu yang jauh berubah yakni Air Mancur yang berada di Pasar Raya Padang. Di zaman penjajahan Belanda, fisik tugu Air Mancur cukup besar (lihat grafis-red). Waktu itu tugu ini tidak memuncratkan air, akan tetapi terpasang jam cukup besar. Di perempatan jalan ini terdapat rumah-rumah masyarakat. Pohon kayu mahoni juga berdiri kokoh di pinggir perempatan jalan tersebut.
Sedangkan saat ini, tugu Air Mancur justru telah jauh berubah. Fisiknya yang terbilang kecil, dikelilingi kolam dan pagar tinggi. Para pedagang kerap menggunakan sekeliling lokasi ini sebagai tempat mangkal untuk berdagang. Namun begitu, hingga kini di perempatan jalan Hiligoo, Sandang Pangan, dan M. Yamin itu Pemerintah Kota Padang masih tetap melestarikan tugu Air Mancur itu dan tidak menghilangkan sejarah. Justru tetap menjaga, memoles dan merawatnya.(tf/ch).

Post a Comment

  1. Kenalkan nama saya Pak ,Beny Sutomo betul-betul mengakui bahwa ramalan AKI SAIF bener-bener top dan di jamin “JITU” 100% tembus adapun ramalan ini di dapat melalui “RITUAL KHUSUS” jadi anda jangan ragu-ragu lagi untuk mengikuti ritual AKI SAIF karena nomor ritual AKI SAIF meman selalu tepat dan terbukti, jika anda mau bukti bukan rekayasa silahkan HUBUNGI/SMS di ((( 081355048468))) dan cukup bergabung dengan AKI SAIF untuk menyelesaikan syaratnya anda sudah bisa mendapatkan angka 2D 3D 4D yang bisa merubah nasib anda sekeluarga karna saya sudah membuktikanya 3X putaran bener-bener langsung tembus dan kini sekarang giliran anda Semua untuk membuktikan Trima Kasih.

    ReplyDelete