Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),  
Sebanyak 30 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terdiri dari pejabat Eselon IV di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Padang, mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat Pim) IV angkatan XX tahun 2016 di Badan Diklat Provinsi Sumbar.
Diklat yang diselenggarakan melalui kerjasama Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Padang dengan Badan Diklat Sumbar ini, dimulai dan dibuka secara resmi Senin (25/1), dan berakhir 13 Mei mendatang.
Mewakili Walikota Padang, Asisten III, Corri Saidan menyampaikan, selamat kepada seluruh peserta yang telah terpilih mengikuti Diklatpim IV angkatan XX tahun 2016. Sebagaimana diketahui, untuk menjadi peserta dalam diklat ini, melalui proses seleksi yang dilaksanakan oleh Tim Seleksi Peserta Diklat Instansi (TSPDI).
"Diklatpim yang bapak ibu ikuti, merupakan pelaksanaan diklat pola baru periode pertama di tahun 2016. Pola tersebut, mengacu kepada Peraturan Kepala (Perka) LAN RI nomor 20 tahun 2015 dengan memiliki perbedaan mendasar dalam penerapannya. Semoga, selesai mengikuti Diklatpim ini, tidak saja memiliki kompetensi kepemimpinan operasional, tetapi juga mampu menunjukkan kinerjanya dalam memimpin perubahan di SKPD dan Unit kerja masing-masing,” ujar Corri Saidan sewaktu membuka secara resmi Diklatpim IV angkatan XX tersebut di Aula Badan Diklat Sumbar Indarung Padang Besi, Senin (25/1).
Corri melanjutkan, diklat ini sangatlah penting untuk lebih memantapkan semangat pengabdian pejabat struktural yang berorientasi terhadap pelayanan, pengayoman dan pengembangan partisipasi kepada masyarakat. Di samping itu, juga dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keahlian, serta pembentukan kepribadian PNS sedini mungkin.
“Jadi keberhasilan yang bapak ibu raih dalam mengikuti pendidikan, tidak hanya diukur dari selesainya diklat ini. Tetapi, peningkatan kinerja selaku aparatur pemerintah akan terus dipantau secara berkala. Juga kita ketahui, persaingan untuk menduduki jabatan pada suatu organisasi pemerintah sangatlah ketat. Untuk itu, raihlah ilmu pengetahuan setinggi-tinginya selama berada di sini,” pungkasnya.
Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Diklat dan Pengembangan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Padang, Yoserizal menjelaskan, maksud dan tujuan diselenggarakannya Diklatpim IV angkatan XX ini dalam rangka membentuk kepemimpinan operasional dan menjadi pemimpin perubahan bagi para pejabat struktural eselon IV.
“Sehingga diharapkan, akan terbentuknya pemimpin pelopor perubahan profesional yang akan berperan dan melaksanakan tugas-tugas kepemerintahan di instansi masing masing,” sebut Yoserizal.
Adapun lanjut Yose, terkait peserta diklat berjumlah 30 orang terdiri dari para pejabat struktural eselon IV di berbagai SKPD dan Unit kerja di lingkungan Pemko Padang. Sebagaimana saat ini, masih terdapat 406 lagi pejabat struktural eselon IV yang masih belum mengikuti diklat.
"Mengenai struktur kurikulum Diklatpim IV ini, dibagi lima agenda pembelajaran. antara lain agenda penguasaan diri, diagnosa perubahan organisasi, inovasi, tim efektif dan proyek perubahan. Kita berharap, diklat tersebut dapat dilaksanakan dan berjalan dengan lancar dan sukses,” sebut Yose yang didampingi kasubid Diklat Struktural dan Pengembangan BKD padang, Zulbahri.
Dalam pembukaan Diklatpim IV angkatan XX ini, juga dihadiri Kepala Badan Diklat Sumbar, Rosman Effendi dan Koordinator Widyaiswara Badan Diklat sumbar, Azwir Tazar. (tf/dv).)

Post a Comment