Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),


Untuk mendukung pelaksanaan e-planning di wilayah Kota Padang, Camat Padang Barat Arfian, mensosialisasikannya kepada Lurah dan Kasi PM se- Padang Barat, Kamis, (14/1) di Aula Kantor Camat.
Arfian katakan e-planning bertujuan untuk mempermudah dan mendukung transparansi dalam penyusunan rencana program pembangunan daerah tahun 2017, mendatang. “Perangkat pendukungnya sudah disiapkan oleh Bappeda Kota Padang. Termasuk servernya, sudah ada di Bappeda,” ujar , Arfian. Lebih jauh, Arfian katakan penerapan e-planning dilakukan untuk mendukung target dan sasaran rencana program jangka menengah daerah (RPJMD). “Banyak manfaat dari perencanaan elektronik tersebut, salah satunya bisa diakses dari mana saja, sehingga SKPD bisa melakukan input data secara bersamaan.
Dia menambahkan, e-planning juga membuat sistem perencanaan menjadi satu pintu sehingga baik dari eksekutif, legislatif dan masyarakat umum dapat berinteraksi dalam perencanaan pembangunan Kota Padang kedepannya. Perencanaan pembangunan secara digital itu juga dapat mencegah terjadinya human error, sehingga diharapkan tidak terjadi lagi kesalahan penjumlah dan pengurutan melalui sistem komputerisasi. Termasuk juga adanya penumpang gelap dalam penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. “Proses usulan penganggaran akan telihat jelas mulai dari tingkat bawah. Jika ada usulan masuk di tengah jalan, maka dengan sistem e-planning ini akan telihat,” ujarnya. Musrenbang Kecamatan Tahun 2016 bakal di laksanakan pada bulan februari sementara itu untuk kelurahan di gelar pada pertengahan januari ini, untuk itu camat intruksikan dan kasi PM agar mengimput hasil musrenbang kelurahan ke sistim e planning tersebut, " Jelasnya, (tf/aa).

Post a Comment