Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),  
Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo bersama personil Lantamal II Padang melakukan gotongroyong membersihkan Pantai Padang, Jumat (22/1). Sasaran kali ini yakni bekas tempat pedagang di batu grip Pantai Padang.
Pagi itu seluruhnya saling bahu membahu membersihkan batu grip mulai dari depan Rusunawa hingga ke Simpang Olo Ladang. Puing bekas warung pedagang diangkat dan diangkut ke truk sampah milik Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang.
Di sisi lain, personil dari Lantamal yang terjun langsung mengenakan pakaian seragam olahraga sibuk mengangkut kayu dan pecahan material bangunan. Aparatur Sipil Negara (ASN) juga tampak ikut merapikan batu grip. Hebatnya, dalam waktu singkat areal batu grip langsung "tacelak".
Kegiatan bersih-bersih batu grip Pantai Padang ini sebenarnya diinisiasi Lantamal Teluk Bayur. Wakil Komandan Lantamal II Padang, Kolonel (PM) Widhy Sutedjo, SH, M.Pr (Han) menyebut awalnya pihaknya melihat kondisi Pantai Padang pascapembenahan belum bersih dan semrawut. Wadanlantamal kemudian tergerak hati untuk bersama-sama membersihkannya.
"Saya kemudian langsung menghubungi Pak Walikota dan akhirnya disepakati untuk bersama membersihkannya," ujarnya saat ditemui di sela-sela goro.
Wadanlantamal menyebut, dirinya berkeinginan Kota Padang kembali bersih dan pamor sebagai "Kota Terbersih" kembali melekat. Apalagi piala Adipura tak lagi singgah ke Padang sejak gempa besar 2009 silam.
Sementara, Walikota Padang saat dikonfirmasi mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak serta Lantamal yang telah begitu peduli dengan kebersihan Pantai Padang. Goro bersama yang dilakukan pagi itu telah membuat Pantai Padang terlihat bersih dan indah.
Disebutkan Walikota, pembenahan Pantai Padang akan terus dilakukan pada tahun ini. Setelah dibersihkannya pantai mulai dari Muaro Lasak hingga Simpang Olo Ladang, ke depan akan dilakukan pembersihan dari Simpang Olo Ladang hingga ke depan Lembaga Permasyarakatan (LP) Muaro.
"Setelah batu grip bersih, nanti Balai Sungai Wilayah V akan menata batu grip ini sehingga pantai kita menarik untuk dikunjungi," sebut Mahyeldi.
Walikota juga membeberkan bahwa pada April nanti Kota Padang akan menjadi tuan rumah Multilateral Naval Exercise Comodo (MNEC). Kegiatan tersebut merupakan latihan perang angkatan laut 46 negara di dunia. Dipastikan perairan Sumatera Barat menjadi lokasi bersandarnya kapal perang seluruh negara tersebut.(tf/ch/rp/du).

Post a Comment