Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),  
Pedagang di sepanjang batu grip Pantai Padang diminta segera membongkar bangunan miliknya. Untuk upaya itu, Pemerintah Kota Padang melakukan sosialisasi kepada seluruh pedagang tersebut, Senin (18/1) pagi. Pedagang telah berjanji akan membongkar bangunannya paling lambat Senin (18/1) malam.
Pantauan di lapangan, dalam sosialisasi yang dilakukan pagi itu, Pemko Padang menurunkan tim. Mereka menemui setiap pedagang yang masih berjualan di sepanjang jalan mulai dari depan Rusunawa hingga Simpang Olo Ladang. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Medi Iswandi bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Zabendri terlihat turun langsung menjumpai pedagang tersebut.
Kedua kepala dinas ini saling berbagi tugas. Medi Iswandi memberi pemahaman kepada pedagang minuman dan makanan yang masih belum membongkar bangunannya. Sedangkan Zabendri menemui pedagang ikan.
Pedagang ikan, M. Jamil, berjanji akan membongkar tempat jualan ikannya paling lambat Senin (18/1) malam. “Semalam-malam hari kami bongkar,” katanya.
Sedangkan penggalas minuman, Dina mengatakan, dirinya berjanji akan membongkar bangunannya paling lambat Selasa (19/1) pagi. Sebab dirinya tidak punya personil untuk membongkar.
"Selasa pagi paliang lambek dibongka, mintak tolong ka apak-apak Satpol PP sajo (Selasa pagi paling lambat dibongkar, minta tolong ke petugas Satpol PP saja),” ujarnya.
Dina berharap saat petugas merapikan sepanjang batu grip Pantai Padang, Selasa (19/1) pagi, petugas Satpol PP supaya mengenakan pakaian biasa bukan dengan uniform lengkap. Ini bertujuan untuk menghindari pemberitaan bombastis.
Sebelumnya, pada rapat tertutup di Kantor Camat Padang Barat, Senin (18/1) pagi, Sekretaris Daerah Kota Padang Nasir Ahmad menyebut dari sekian banyak pedagang yang berjualan, sebagian besar dari mereka sudah membongkar sendiri bangunannya. Namun masih terdapat kurang lebih tiga rumah makan yang masih belum membongkar sendiri.
"Tadi malam (Minggu malam-red), mereka sudah menghubungi Walikota Padang, dan mereka minta akan membongkar bangunannya Senin ini,” sebut Sekda.
Sementara itu Camat Padang Barat, Arfian membenarkan bahwa ketiga pemilik rumah makan akan membongkar sendiri bangunannya. Mereka berjanji semalam-malam hari seluruh bangunannya sudah terbongkar.
"Jadi besok (Selasa pagi) kita tinggal merapikan saja lagi,” sebutnya.
Kapolsek Padang Barat Kompol Sumintak mengatakan hingga saat ini kondisi di sepanjang batu grip Pantai Padang terlihat masih kondusif. Pedagang dengan kesadarannya bersedia pindah dan membongkar sendiri bangunannya. 

“Dari kondisi di lapangan, seluruhnya kondusif. Masih ada pedagang yang membongkar sendiri atas kesadarannya. Hari ini kita turunkan tim untuk memantau kondisi lapangan, besok kita bekerja bergerak seperti biasa bersama Satpol PP,” tutur Kapolsek.
Terkait pedagang ikan yang selama ini berjualan di sepanjang batu grip, seluruh lapak yang digunakan akan dibongkar. Nantinya menjelang los ikan selesai dibangun, pedagang ikan ini tetap bisa berjualan tetapi tentunya dengan menggunakan meja dan payung. (tf/ch/mn).

Post a Comment