Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),  
Pasar Lubuk Buaya tak lagi semrawut. Terlebih setelah seluruh pedagang yang ‘menghuni’ pelataran parkir dan trotoar dipindahkan ke lantai II pasar tersebut. Bagian depan Pasar Lubuk Buaya kini terlihat lapang dan nyaman. 
Di lantai II Pasar Lubuk Buaya juga tampak begitu. Meski dipenuhi pedagang, akan tetapi suasana di sini tidak sumpek, tetapi justru nyaman dan sejuk. Sebab, kondisi bangunan lantai dua memang telah dirancang lebih luas dan leluasa.
Hal ini membuat pedagang yang berjualan di lantai II merasa betah untuk berdagang. Meski berada di lantai II, akan tetapi ada juga pedagang yang mengaku pendapatannya justru meningkat dibanding berjualan di tempat lama. Pembeli pun terlihat ramai datang ke lantai II Pasar Lubuk Buaya.
Seorang pedagang, Yelni, mengaku senang berjualan di lantai II Pasar Lubuk Buaya dibanding berjualan di bawah. Sebab di lantai II kondisinya cukup kering dan nyaman karena tidak berpanas-panas.
“Kami sanang manggaleh di lantai duo ko, dari pado di bawah dulu. Di siko indak lanyah, manggaleh raso pakai AC, sajuak. Nan balanjo banyak nan datang, bajua bali jauah maningkek dari biasonyo (kami senang berjualan di lantai dua ini daripada di bawah dulu. Di sini tidak becek, berjualan serasa pakai AC, sejuk. Pembeli juga banyak yang datang, jual beli jauh meningkat dari biasanya),” ungkap pedagang buah dan sayur ini, Sabtu (30/1).
Cerita sama juga diungkapkan Al. Pedagang sayur ini mengaku bahwa sejak pindah ke lantai II penjualannya jauh meningkat. Bahkan, menurut Al, jika ada pedagang yang kembali turun ke bawah akan ditegur. Apabila tidak mengindahkan teguran, pedagang tersebut akan diusir dan tidak boleh lagi berdagang di Pasar Lubuk Buaya.
“Kami berharap, ke depannya kebersihan pasar lebih ditingkatkan supaya pembeli makin banyak yang datang,” harapnya.
Tidak hanya pedagang yang merasa nyaman di bangunan lantai II Pasar Lubuk Buaya, pembeli pun juga mengakui hal serupa. Banyak yang berpendapat, dengan pindahnya pedagang ke lantai II akan memudahkan pembeli untuk membeli barang yang diperlukan.
“Kalau dulu payah mancari barang nan ka dibali. Tapi kalau kini lah ditata elok-elok, jadi tahu dima tampek nan manjua barang nan awak paralu (kalau dulu sulit untuk mencari barang yang akan dibeli. Tapi kalau sekarang sudah tertata dengan baik, jadi tahu di mana tempat yang menjual barang yang kita inginkan),” ungkap Neng, yang datang berbelanja ke Pasar Lubuk Buaya bersama anak-anaknya.
Kepala Dinas Pasar Kota Padang, Endrizal mengatakan setelah ini pedagang di bagian sisi kiri dan kanan Pasar Lubuk Buaya akan dipindahkan ke lantai II. Ini dilakukan setelah tahap III pengembangan pasar dilakukan. “Kita berharap kenyamanan dalam aktifitas jual beli di pasar tetap dipertahankan,” katanya.(tf/ch/yz/mn).

Post a Comment