Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),   

Jika sebelumnya muncul "pejuang subuh" di SMPN 1 Padang dan mendapat kunjungan khusus oleh Walikota Padang Mahyeldi Dt. Marajo, ternyata di SMPN 11 Padang juga ada siswa yang istiqamah mendirikan shalat subuh berjamaah di masjid. Siswa bernama Rizki Ananda itu, memang belum mendapatkan kunjungan dan hadiah dari sang walikota, namun ia ikhlas karena beribadah bukanlah mengharapkan iming-iming hadiah.

Ditemui di sekolahnya, Selasa (12/1), Rizki Ananda didampingi Kepala Sekolah SMPN 11 Padang Suindra membeberkan, menunaikan shalat subuh berjamaah di masjid sudah menjadi kebiasaannya sejak SD. Sebab, siswa yang duduk di kelas IX.A itu memang tinggal ddi dekat masjid, tepatnya di Komplek Ranah Minang Koto Lalang, Lubuk Kilangan.

"Shalat subuh di masjid sudah sejak SD. Hampir tidak pernah absen, kecuali sedang pergi sama keluarga dan sakit," tutur Rizki.

Anak kedua dalam keluarganya ini mengaku akan terus istiqamah mendirikan shalat, terutama saat shalat subuh senantiasa akan dilaksanakan berjamaah di masjid. "Saya tidak ingin shalat saya bolong-bolong. Untuk shalat subuh, maghrib dan Isya inginnya berjamaah di masjid," ujar Rizki lagi.

Tentang hadiah yang dijanjikan Walikota Padang terhadap anak yang rajin shalat subuh, tanpa terputus berjamaah di masjid selama 40 hari, Rizki menanggapi sambil senyum. "Diberi hadiah pasti mau, tapi bukan karena hadiahnya. Shalat merupakan kewajiban umat muslim,"sebutnya.

Disela itu, Kepsek SMPN 11 Padang Suindra menyebut Rizki sebagai anak yang cerdas dan taat beribadah. "Dia selalu mengingatkan teman-temannya saat masuk waktu shalat. Dia juga cerdas karena menguasai materi pelajaran dan bisa menggantikan guru yang berhalangan masuk," kata Suindra.

Menurut Suindra lagi, sebetulnya bukan saja Rizki yang ketahuan rutin shalat subuh di masjid. "Beberapa siswa di SMP 11 ini sudah dipantaunya. Baik melalui guru-guru dan masyarakat di lingkungan tempat tinggal siswa, ternyata banyak yang rajin,"imbuhnya lagi.

Suindra merasa gembira karena program gerakan semarak subuh dan shalat subuh berjamaah bagi generasi muda yang dicanangkan Walikota Padang, rupanya sudah dijalankan oleh sebagian siswanya. "Kita harus terus memberikan motivasi agar semarak subuh sama dengan semaraknya shalat jumat seperti yang diharapkan Walikota," tukas Suindra.

Seperti diketahui, pada 1 Muharram lalu, Walikota Padang mencanangkan Gerakan Semarak Subuh dan Shalat Subuh Berjamaah. Walikota juga menjanjikan hadiah. Bagi anak-anak mulai TK dan SD hingga Siswa SMP dan SMA bagi yang melaksanakan shalat subuh berturut 40 kali dengan berjamaah di masjid. Siswa tersebut juga berhak dijuluki "Pejuang Subuh".

Sejauh ini, informasi dari Bagian Kesra Setda Kota Padang sekitar 100 lebih siswa terpantau rutin shalat subuh di masjid. Sebagian sudah diberi reward termasuk yang dikunjungi langsung oleh Walikota sekaligus diserahkan hadiahnya.(tf/du)

Post a Comment