Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),   
Korupsi berawal dari ketidakjujuran ketika mengikuti ujian di sekolah. Seyogyanya sikap tersebut dihindari dan mulai menanamkan sikap jujur, bertanggung jawab sehingga generasi muda memiliki integritas. Seperti yang ditanamkan Kepala Sekolah SMPN 11 Padang Suindra kepada siswanya sehingga sekolah tersebut didapuk sebagai salah satu penerima Anugerah Integritas Ujian Nasional Tertinggi, Jujur dan Konsisten selama 6 tahun berturut-turut dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Sekolah yang terletak di Jalan Raya Indarung, Banda Buek, Kecamatan Lubuk Kilangan ini, siswanya berhasil meraih nilai 97,27 pada UN beberapa waktu lalu. Selain dengan nilai yang termasuk tinggi, pelaksanaan UN juga berlangsung jujur, tanpa indikasi kecurangan yang dilakukan siswa maupun pihak-pihak lain.
Kepsek Suindra menyebut prestasi yang diraih merupakan hasil penanaman sikap jujur yang selalu ditanamkan kepada siswa. "Disamping mereka dididik jujur dan bertanggungjawab serta percaya diri dengan kemampuan mereka sendiri, kami para guru juga melakukan tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya kecurangan-kecurangan saat berlangsungnya ujian," ujar Suindra ketika ditemui di sekolah tersebut, Selasa (12/1).
Ia menjelaskan, SMPN 11 Padang merupakan salah satu dari 7 sekolah di Kota Padang yang mewakili Provinsi Sumatera Barat memenuhi undangan khusus dari Kemendikbud RI untuk mengikuti kegiatan di Jakarta. Kegiatan itu ternasuk agenda bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo sekaligus mendengarkan arahan dari Mendikbud.
Menurut Suindra, anugerah integritas yang diterima ini merupakan hasil kerja dan dampak dari berbagai prestasi lain yang diraih SMPN 11. Sebab, prestasi demi prestasi yang diraih akan selalu menambah motivasi untuk terus mencapai yang terbaik. "Kita memang selalu bercita-cita mencapai yang terbaik. Untuk itu kita jalani terus upaya-upaya dalam mendidik guna menghasilkan karya-karya berkualitas,"ucap Suindra.
Sementara itu, SMPN 12 Padang juga termasuk dari sekolah penerima Anugerah Integritas UN Tertinggi. Kurang Lebih Kepala Sekolah Syafri Atmi memiliki komitmen yang sama dalam meningkat mutu sekolah dan output dari pendidikan.
Ditemui terpisah, Syafri Atmi mengatakan, selama 6 tahun mengikuti UN, siswa SMP 12 Padang berhasil meningkatkan pencapaian hasil nilai UN setiap tahunnya. "Pencapaian nilai terus meningkat hingga terakhir nilai yang berhasil dicapai 97,25. Pencapaian itu merupakan hasil dari pelaksanaan UN yang jujur dan berintegritas," kata Syafri Atmi.
Adapun sekolah lain dari Kota Padang mewakili Sumatera Barat mendapat anugerah yang sama yaitu, SMPN 2 Padang dengan nilai 97,71 (tertinggi), SMPN 1 Padang (97,42), SMPN 8 Padang (97,15), SMPN 7 Padang (97,00) dan SMAN 1 Padang (94,65).(tf/du/ch)

Post a Comment