Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),   
Pemerintah Kota (Pemko) Padang menjalin Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman bersama dengan dua pihak sekaligus pada Rabu (20/1). Diantaranya, dengan Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN-IB) Padang, serta dengan PT Mas Arya Tunggal Abadi.
Penandatanganan kerja sama yang dilangsungkan di Aula bagindo Azis Chan Kantor Balaikota Padang ini, dilakukan oleh Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo, bersama Rektor IAIN IB, Dr Eka Putra Wirman dan Direktur Utama PT Mas Arya Tunggal Abadi, Ade Sofyar.
Terkait dua kerja sama tersebut, Wako Mahyeldi menerangkan, kerja sama dengan IAIN IB Padang, yaitu terkait pembinaan keagamaan secara optimal dan berkelanjutan kepada masyarakat. Sebagaimana hal ini, merupakan tanggung jawab pemerintah dan perguruan tinggi.
“Untuk mewujudkan hal tersebut, IAIN IB dan Pemko Padang membuat nota kesepahaman bersama. Ini terkait, pelaksanaan pembinaan kehidupan keagamaan yang merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi,” terang wako.
Mahyeldi melanjutkan, mengenai ruang likup kesepahaman bersama ini, yaitu dengan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang dilakukan IAIN IB kepada masyarakat di Kota Padang. Diantaranya seperti, melakukan pembinaan peserta didik dan remaja mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA dalam bentuk Pesantren Ramadhan, didikan shubuh, wirid remaja, TPQ/TQA dan MDT.
Kemudian, pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan mahasiswa di lingkungan masyarakat, pembinaan bagi Koperasi jasa Keuangan Syariah (KJKS) serta pemberdayaan masyarakat dalam bentuk pengembangan kualitas kehidupan beragama.
“Atas nama Pemerintah Kota Padang, kita menyampaikan terima kasih dengan terjalinnya MoU ini. Kita berharap, pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi ini dapat berjalan dengan baik dan maksimal. Sehingga hal positif senantiasa dirasakan masyarakat,” ujarnya.
Setelah itu tambah wako, terkait MoU dengan PT Mas Arya Tunggal Abadi, yaitunya kerja sama dalam bentuk penerapan sistem perparkiran terbaru di Kota Padang.
“Dengan penerapan sistem ini nanti, diharapkan perparkiran di Padang akan semakin membaik. Ini dikarenakan, sistem perparkiran akan menggunakan beberapa pola yang profesional di beberapa tempat nantinya. Sehingga memberikan kenyamanan masyarakat dalam memarkirkan kendaraan,” imbuhnya.
Lebih jelas mengenai sistem perparkiran, Direktur Utama PT Mas Arya Tunggal Abadi, Ade Sofyar menjelaskan, melalui kerja sama ini, pihaknya berniat akan membuat sistem pengelolaan perparkiran secara profesional di Padang. Setelah MoU ini, akan melalui proses sampai saatnya sistem ini bisa diterapkan.
“Kita mencoba menerapkan pola perparkiran secara profesional dengan menggunakan parkir meter. Alasannya yaitu, melihat potensi yang cukup besar di Padang. Sehingga nanti, tidak hanya membantu peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), juga membantu dalam penertiban secara keseluruhan seperti lalu lintas, keamanan dan kebersihan kota. Selain itu, lowongan pekerjaan juga akan terbuka. Semoga beberapa bulan ke depan sistem ini bisa diterapkan,” pungkas Direktur yang berkantor di Jakarta ini.(tf/dv).

Post a Comment