Ads (728x90)


PADANGPOS.COM. (Padang),  
 
Hampir semua sekolah di Kota Padang saat ini berlomba menjadikan lingkungannya "sorga" bagi peserta didiknya. Tak terkecuali SMP Negeri 31 Kota Padang yang tahun ini diusulkan untuk sekolah Adhiwiyata Nasional. 
 
Satu-satunya pula sekolah negeri dari ibukota provinsi Sumatera Barat yang lolos untuk penilaian sekolah berwawasan lingkungan tersebut.

Kepala SMPN 31 Padang, Mardawati mengatakan, lingkungan sekolah yang dulunya jauh dari kata asri, sekarang dibenahi menjadi lingkungan yang hijau dan menyejukkan mata yang memandangnya. "Begitu juga dengan siswa, mereka sudah mulai peduli dengan lingkungan. 
 
Kesadaran akan kebersihan sudah mulai terlihat. Tanpa disuruh mereka segera membersihkan sampah yang terlihat tidak pada tempatnya," ujar Mardawati saat ditemui di sekolah tersebut, Kamis (21/1).

Berbagai tanaman hias dan pepohonan terlihat tertata rapi di lingkungan sekolah. Tak ada sudut yang tidak dimanfaatkan untuk tanaman sehingga mencerminkan suasana yang asri semakin terlihat di sekolah tersebut.

"Kita memanfaatkan setiap sudut untuk taman dan ditanami tanaman hias. Juga tanaman bermanfaat untuk obat serta rempah-rempah," ujarnya.

Ia menyebutkan, komitmen untuk pembenahan lingkungan sekolah didasari dari keinginan sendiri sebagai pelampiasan hobi. Rupanya juga selaras dengan tugas yang diembannya selaku Kepala Sekolah guna menata sekolah memiliki nuansa yang berkualitas, baik dari sisi kualitas akademik maupun tampilan fisik dari sekolah itu sendiri.

Ternyata apa yang dilakukan Mardawati, dengan sendirinya mengantarkan sekolah ini meraih Piala Adhiwiyata tingkat Provinsi dan diusulkan untuk meraih Adhiwiyata Nasional.

Ia melanjutkan, dengan suasana lingkungan sekolah yang semakin baik, memacu siswa juga untuk lebih peduli dan termotivasi untuk mencapai prestasi sehingga sekolah yang terletak di Andalas, Kecamatan Padang Timur ini semakin bertabur prestasi.

"Sejumlah prestasi berhasil diraih siswa, sebagian besar di bidang olah raga. Prestasi ini akan terus kita tingkatkan," tukasnya. (tf/du).

Post a Comment

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete