Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),   
Di sela-sela proses pengerjaan pembangunan bedah rumah yang sedang berlangsung, perhatian terus diberikan Pemerintah Kota (Pemko) Padang bagi para pemilik rumah yang telah mendapat bantuan bedah rumah.
Kali ini Kamis (28/1), 16 rumah yang mendapat bantuan bedah rumah di kawasan Durian Tigo Batang Kelurahan Korong Gadang Kecamatan Kuranji, didatangi Wakil Walikota Padang, H Emzalmi beserta Kepala Dinas Tata Ruang Tata Bangunan (TRTB) dan Perumahan, Afrizal BR, lalu Sekretaris Dinsosnaker Danti Arvan dan Camat Kuranji, Salisma. Selaku mewakili rombongan, Wawako tengah menyerahkan bantuan uang operasional guna membantu kelancaran pembangunan rumah bedah tersebut.
“Jadi pada kesempatan ini, kita memberikan bantuan uang operasional sebesar 10 persen dari jumlah nilai bantuan bedah rumah yang berjumlah Rp 11 Juta. Bantuan ini dari Baznas Kota Padang serta dukungan kerja sama dari SKPD terkait dan beberapa pihak,” terang Emzalmi.
Wawako melanjutkan, dalam kesempatan ini, memang tengah terlihat proses pengerjaan bagi beberapa rumah yang dibedah. Dimana rumah tersebut sebelumnya hanya papan dan sangat sederhana, sekarang sedang membangun rumah permanen dengan konstruksi yang lebih baik.
“Semoga bantuan dana yang kita berikan kali ini, dapat dimanfaatkan para pemilik rumah untuk keperluan membeli kebutuhan material bahan bangunan dan sebagainya. Dengan upaya ini kita harapkan, dapat menjadikan masyarakat yang sehat dan kehidupannya jadi lebih baik. Kemudian, penghuni rumah jangan sampai meninggalkan shalat dan anak-anaknya harus dimasukan belajar mengaji,” ujar Wawako.
Kemudian terkait program bedah rumah ini, Wawako menjelaskan, hingga saat ini telah terealisasi pelaksanaan bedah rumah lebih dari 600 unit rumah tak layak huni di Padang. sebagaimana dalam hal ini, pemerintah memberikan bantuan dalam bentuk materi yang bervariasi mulai dari nilai 10 Juta sampai 15 Juta per-rumah.
“Sebagaimana target kita, dalam setahun yaitu minimal merehab 1000 unit rumah tak layak huni di Padang. Alhamdulillah, hampir dua tahun berjalan sudah melampaui target atau sekitar 40 persen terlaksana. Untuk sumber dananya, di samping menggunakan APBD Kota Padang, juga ditambah berkat dukungan Kementerian Sosial RI, Kementerian PU RI, Baznas Kota Padang dan beberapa sumber dana lainnya,” tukas putra daerah Kuranji ini.
Sementara itu, Nuraina (40) salah seorang dari beberapa pemilik rumah yang dibantu, terlihat senyum bercampur haru diwajahnya. Ibu dari dua orang anak ini, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan untuk bedah rumahnya sampai saat ini.
“Saya kaget, ketika banyak-banyak orang baju putih terlihat dari kejauhan. Ternyata, ada pak Emzalmi yang tentu kami sangat mengenali beliau. Terima kasih bagi bapak-ibu semua yang telah memberikan bantuan lagi bagi kami. Alhamdulillah rumah kami telah dibedah dan kali ini kami mendapat bantuan lagi. Uang ini akan kami pergunakan untuk membeli bahan dan material bangunan,” lirihnya sambil mengucap syukur. (tf/dv).

Post a Comment