Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),  

Mengoptimalkan pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah (UKS/M) di Kota Padang, Bagian Kesra Setdako Padang, menggelar kegiatan penguatan bagi Tim Pelaksana UKS/M dari tingkat TK,SD,SMP dan SMA sederajat se Kota Padang.

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Disnaker Sumbar pada Rabu dan Kamis (10-11/2) ini, diikuti 200 peserta dalam 2 angkatan. Sebagai nara sumbernya, dari Binsos Sumbar, Bagian Kesra, Dinas Kesehatan dan Bapedalda Kota Padang.

Mewakili Walikota Padang, Asisten II Bidang Ekbang Kesra, Eyviet Nazmar membuka secara resmi kegiatan tersebut. Eyviet menyampaikan, UKS/M begitu penting bagi setiap sekolah, karena merupakan suatu wadah atau usaha dalam meningkatkan kesehatan siswa/siswi di sekolah dan lingkungan sekolah.

“Maka dari itu, penguatan bagi Tim Pelaksana UKS/M ini penting dilakukan. Sebab, kenyataan yang ditemukan saat ini, ada sekolah yang UKS/M nya berjalan dengan baik dan ada juga sekolah yang tidak melaksanakannya atau hanya sekedar formalitas saja. Untuk itu perlu kita lakukan penguatan,” ujar Eyviet.

Eyviet melanjutkan, melalui penguatan tersebut, diharapkan seluruh peserta mampu menggali pengetahuan tentang UKS/M dari narasumber. Sehingga alhasil, akan memantapkan pelaksanaan program UKS/M di seluruh sekolah di masa mendatang.

“Kepada bapak dan ibu yang ditunjuk sebagai Tim Pelaksana dalam program UKS/M di sekolahnya masing-masing, mari kita tingkatkan kreatifitas dan kerja keras dalam mengelola UKS/M ini,” himbaunya.

Setelah itu, Kabag Kesra melalui Kasubag Pendidikan dan kebudayaan, Agustina menyebutkan, tujuan kegiatan ini antara lain, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bagi Tim pelaksana UKS/M tentang Usaha Kesehatan Sekolah.

Di samping itu, sebagai komitmen bersama dalam menciptakan Sumber daya Manusia (SDM) yang berkualitas, mandiri dan berakhlak mulia. Sehingga, dapat meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar anak didik di Kota Padang secara berkelanjutan.

“Hasil yang diharapkan yaitu, menambah wawasan dan pengetahuan peserta tentang pengelolaan UKS/M. Kemudian, menjadi titik awal bagi Tim Pelaksana UKS/M untuk bekerja keras dalam membenahi UKS/M di ruang lingkupnya masing-masing,” terang Agustina.

Kemudian lanjut Agustina, selaku nara sumber, Binsos Sumbar menerangkan tentang petunjuk sekolah sehat dan sekretaris UKS yang sempurna. Lalu Bagian Kesra tentang Peranan Tim Pembina dalam mendorong pelaksanaan UKS, Dinas Kesehatan Padang terkait penanaman kebiasaan hidup sehat bagi anak didik dan Bapedalda Padang menerangkan cara pembinaan lingkungan sekolah yangsehat.

“Jadi dalam kegiatan ini kita mengangkat tema, menuju sekolah yang berdaya saing tinggi, kita kuatkan Tim Pelaksana UKS di sekolah,” pungkas Agustina mengakhiri. (tf/dv).

Post a Comment