Ads (728x90)

PADANGPOS.CO. (Padang),   


Kota Bandung ternyata lebih memanfaatkan Informasi dan Teknologi (IT) dalam menjaga kota. Peranan pemuda dan komunitas yang ada dimanfaatkan Pemerintah Kota Bandung dalam menjalankan IT tersebut. Sehingga program "Smart City" yang digagas Walikota Bandung, Ridwan Kamil berjalan sempurna. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandung, Herlan Joerliawan yang didapuk mewakili Walikota Bandung dalam seminar nasional kepariwisaataan di Hotel Grand Inna Muara Padang, Sabtu (6/2) mengatakan kunci dari kreatifitas berada di tangan komunitas-komunitas yang dibentuk di Bandung. Pemkot Bandung terus melakukan pendekatan-pendekatan komunikasi kepada komunitas tersebut.

"Salah satu contohnya yakni dibangun taman-taman thematik oleh komunitas yang ada, seperti taman 'Jomblo'. Ini untuk meningkatkan daya saing kreatifitas kota," ujarnya di depan peserta seminar.

Herlan menyebut, sanksi sosial juga diberikan kepada warga yang merusak lingkungan Kota Bandung. Diceritakannya, pernah suatu kali seorang pemuda yang sedang membuang sampah tertangkap kamera dan difoto. Pembuang sampah ini kemudian disuruh menyapu jalan yang dikotorinya dan foto tersebut dipublikasikan di media sosial dan media massa lainnya.

Hal ini menjadi efek jera bagi pelaku lain. "Sehingga ada suatu kali warga yang kedapatan membuang sampah, memomohon-mohon agar foto perbuatannya tidak dipublikasikan," ungkap Herlan

Upaya yang dilakukan Kota Bandung langsung dikomentari moderator, Sari Lenggogeni. Moderator yang juga pakar kepariwisataan ini menyebut bahwa langkah ini kini dilakukan Pemko Padang. Pemalak di Pantai Padang difoto dan disebar di media massa.

"Wah, konsep ini juga diterapkan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang dan sepertinya mulai menampakkan hasil," ujar Sari.

Dalam seminar itu tampak hadir praktisi-praktisi wisata senior seperti Ian Hanafiah, Ridwan Tulus, Indrawari, Aim Zein dan lainnya. Mereka terlihat antusias mengikuti seminar yang dibuka oleh Deputi Pemasaran Pariwisata Wisatawan Nusantara Esty R.(Charlie)

Post a Comment