Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),  

Pemuda di enam negara menyatu dalam sebuah pertemuan organisasi kepemudaan di Kota Padang, Sumatera Barat. Enam negara tersebut yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Thailand. Walikota Padang mengatakan, jika pemuda menyatu akan mampu mengguncang dunia.

“Pemuda melayu ini kalau menyatu akan mengguncang dunia, negara ini akan kuat oleh pemuda,” ujar Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo, dalam pertemuan organisasi kepemudaan enam negara bertajuk “Jejak Khazanah Warisan Bangsa” di Palanta kediaman Walikota Padang, Minggu (15/2). 

Dikatakan Walikota, dengan menyatu dan berhimpunnya pemuda-pemudi enam negara ini akan mempererat jalinan antar bernegara. Apalagi negara serumpun, tentunya akan memperkokoh persatuan dan kesatuan antar negara.

“Dalam sejarah telah terbukti, besarnya negara di tangan pemuda,” tukasnya.

Galibnya, pemimpin ataupun tokoh besar di sebuah negara berasal dari pemuda. Mereka (pemimpin atau tokoh besar) diharapkan mampu menyatukan potensi-potensi pemuda di setiap negara. Sebab, kokoh dan jayanya pemuda di setiap negara terletak di tangan pemuda.

Walikota berharap melalui Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Padang diharapkan akan terjalin kerjasama. Karena dengan terjalinnya kerjasama akan mengoptimalkan potensi setiap negara serta merajut kerjasama dan hubungan komunikasi antar negara.

“Itu makanya Kota Padang membangun kerjasama sister city dengan sejumlah negara,” papar Mahyeldi.
Mahyeldi berharap, dengan adanya pertemuan pemuda di enam negara ini akan menjadi bagian untuk menyatunya setiap pemuda di setiap negara. “Kita harapkan melalui pertemuan ini, seluruh pemuda di setiap negara semakin kuat dan kokoh serta bersatu padu,” harapnya.

Dalam pertemuan pemuda enam negara ini dilakukan kerjasama komunikasi. Seperti kerjasama ORARI antar negara-negara Asia Tenggara. Tujuannya yakni mempermudah dan membantu masalah kebencanaan seperti kabut asap yang terjadi tahun lalu dan lainnya.

Sementara itu, Ketua rombongan pemuda enam negara tersebut, Cik Zaidi mengapresasi Pemerintah Kota Padang yang telah memfasilitasi pertemuan tersebut. Cik Zaidi berharap ke depannya seluruh pemuda keenam negara akan saling bersinergi.(tf/ch/yz)

Post a Comment