Ads (728x90)


PADANGPOS.COM. (Padang),  
 
Dalam pekan ini, Pemerintah Kota Padang menggelar Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) di sebelas kecamatan. Kali ini, Kamis (25/2), Musrenbang dilaksanakan di Kecamatan Lubuk Bagaluang (Lubeg). Walikota Padang diwakili Asisten III Administrasi, Corri Saidan menekankan, Musrenbang akan dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat.
“Harapan kita, Musrenbang menghasilkan sesuatu yang memang dibutuhkan masyarakat, tetapi bukan yang diinginkan masyarakat,” ujar Corri ketika diwawancarai usai membuka Musrenbang di Kecamatan Lubuak Bagaluang.

Diterangkannya, seluruh usulan di Musrenbang kecamatan berasal dari Musrenbang di tingkat kelurahan. Diharapkan usulan dalam Musrenbang kecamatan dapat mengacu kepada sepuluh program unggulan Walikota dan Wakil Walikota Padang.

“Musrenbang menggali potensi di wilayah kecamatan. Di Lubuk Bagaluang ini cukup banyak yang dapat dikaitkan, seperti infrastruktur, sarana prasarana, ekonomi, dan sosial budaya. Kalau bisa yang diusulkan itu apa yang dibutuhkan masyarakat sehari-hari,” harapnya.

Hasil Musrenbang kecamatan ini nantinya akan dikelompokkan sesuai dengan prioritas. Camat akan memilah usulan tersebut sesuai dengan sumber dana yang ada.

“Prioritas pembangunan mengacu kepada APBD. Sedangkan di luar itu akan diakomodir oleh pendanaan melalui CSR maupun swadaya,” ungkap Corri.

Sementara itu, Camat Lubuk Bagaluang, Hendra Mardhi menyebut dalam Musrenbang ini sebanyak 300 usulan yang ditampung akan dibuatkan skala prioritasnya. Usulan sebanyak itu berasal dari Rukun Warga (RW) di seluruh kelurahan yang terdapat di Lubeg.

“Lurah mengusulkan minimal dua kali jumlah RW di kelurahan tersebut. Dari 300 usulan itu akan disaring lagi nantinya,” ujar Hendra yang didampingi Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Ikrar Prakarsa.

Hendra membeberkan, saat ini cukup banyak masalah yang cukup penting di Lubuk Bagaluang. Utamanya yakni banjir, jalan rusak, riol dan jembatan. Dua jembatan di Lubeg juga perlu perhatian karena mengalami kerusakan. Kedua jembatan itu yakni di Tanah Sirah dan jembatan yang menghubungkan antara kelurahan Kampung Baru dengan Kampung Jua.

Terkait masalah lain seperti banjir, beberapa kompleks perumahan sering terkena banjir. Begitu juga dengan rusaknya jalan seperti di Perumahan Penggambiran, Kampung Jua dan lainnya. Dipastikan Camat, jalan tersebut akan menjadi salah satu dari sekian banyak prioritas dalam Musrenbang kali ini.(tf/ch).

Post a Comment