Ads (728x90)

Hendri Vitonn
PADANGPOS.COM. (Padang),  

Keinginan warga agar jalan di Kota Padang mulus dan 'rancak' nampaknya bakal terwujud pada tahun ini. Pasalnya, Dinas Pekerjaan Umum Kota Padang keciprat Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pekerjaan Umum RI.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Padang melalui Kabid Bina Marga, Hendri Viton menyebut, tahun ini Padang mendapatkan DAK sebesar Rp 51,5 miliar. Dana tersebut diperuntukkan bagi pemeliharaan dan peningkatan sejumlah ruas jalan di Kota Padang.

"DAK sebanyak itu untuk peningkatan dan pemeliharaan jalan di Padang," terangnya, belum lama ini.

Dirincikan Hendri, dari DAK tersebut, untuk peningkatan sejumlah ruas jalan dianggarkan dana sebesar Rp 40 miliar. Sedangkan untuk pemeliharaan jalan disediakan dana sebesar Rp 11,5 miliar.

Untuk peningkatan jalan, DPU telah menetapkan ruas jalan yang akan ditingkatkan kualitasnya. Sebanyak tujuh titik telah masuk dalam perencanaan DPU untuk dikerjakan tahun ini.

"Untuk pengerjaan, saat ini sedang proses tender," sebut Hendri.

Tujuh titik yang akan dikerjakan itu yakni jalan inspeksi irigasi Gunuang Nago, SMP 23 hingga Ulu Gadut, jalan Simpang Patik Banda Luruih Lubuk Minturun, jalan Gunung Sarik hingga Belimbing, jalan Sungai Lareh. Kemudian, jalan inspeksi Banjir Kanal dari Tamsis hingga Marapalam, serta jalan Samudera depan LPC Pantai Padang.

"Kita berharap jalan ini dapat memperlancar arus transportasi masyarakat nantinya," ucap Hendri.

Terkait pemeliharaan jalan, DPU juga telah menetapkan sejumlah titik yang bakal dikerjakan. Pada umumnya jalan yang akan dikerjakan merupakan jalan yang rusak.

"Untuk pemeliharaan, kita akan menambal sulam jalan yang berlubang dan rusak," papar Hendri Viton.

Sementara itu, untuk pengaspalan pelataran parkir Pasar Lubuk Buaya, DPU Kota Padang telah menyiapkan alat berat dan dana yang cukup. DPU menggelontorkan dana sebesar lebih kurang Rp 200 juta untuk pengaspalan. "Kini sedang tahap pengerukan, sekitar dua minggu selesai," pungkasnya.(tf/ch),

Post a Comment