Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),  

Guna memeriahkan iven berskala internasional, Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2016, di Padang, April depan, Pemerintah Kota Padang menggelar berbagai kegiatan. Diantaranya yakni Sumatera Barat Maritime Expo serta Festival Budaya.

Dua kegiatan ini dilaksanakan di tengah penyelenggaraan MNEK, yakni latihan perang TNI AL berkelas dunia dengan Angkatan Laut sebanyak 36 negara-negara sahabat.

"Sumbar Maritime Expo dan Festival Budaya adalah upaya memanfaatkan peluang emas ini dengan mempromosikan dan mengenalkan potensi wisata yang ada di Kota Padang khususnya, dan Sumbar pada umumnya. Baik itu potensi wisata alam, budaya, kuliner, rekreasi, wisata minat khusus dan prospektif untuk destinasi wisata Meetings, Inventives, Conventions and Exhibitions (MICE)," kata Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo, kemarin ini.

Walikota berharap pelaksanaan kedua kegiatan di sela-sela MNEK itu berlangsung meriah. Serta diikuti seluruh pelaku usaha dan juga dukungan dari masyarakat.

"Saya mengharapkan partisipasi seluruh masyarakat maupun pelaku-pelaku usaha untuk membantu dan mendukung terselenggaranya seluruh rangkaian acara dalam rangka menyambut kegiatan MNEK. Keberhasilan dan kesuksesan tidak hanya akan mengangkat nama Kota Padang, akan tetapi Sumbar dan lebih besar lagi keberhasilan dan kesuksesan negara Indonesia dalam pergaulan internasional," ungkap Mahyeldi.

Dikatakan Walikota, potensi yang ada di Sumbar memiliki peluang untuk dipasarkan lebih luas dengan prosedur yang terarah dan profesional melalui strategi 'city marketing'. Strategi ini sangat relevan diterapkan di Indonesia terutama bila dikaitkan dengan diberlakukannya kebijakan otonomi daerah.

"Kedua kegiatan di tengah-tengah pelaksanaan MICE ini akan dikemas dan diselenggarakan secara terpadu dengan melibatkan SKPD terkait di Pemko Padang, termasuk bekerjasama dengan Pemkab Pesisir Selatan dan DKP Provinsi Sumatera Barat," tutur Walikota.

Sementara itu, Ketua Panitia Sumbar Maritime Expo dan Festival Budaya 2016, Zalbadri menyebutkan tujuan digelarnya iven tersebut sebagai revitalisasi objek-objek wisata dengan mengangkat pelestarian seni budaya dan penguatan adat istiadat. Serta pemahaman tentang kemaritiman sebagai bagian dari potensi industri pariwisata.

"Sasarannya tentu untuk menarik investor berinvestasi dan meningkatnya jumlah kunjungan wisata ke Kota Padang sehingga sektor pariwisata dapat memberi kontribusi yang besar dalam meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat," ungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan ini yang dibenarkan Kabag Humas Protokol, Mursalim.

Sumatera Barat Maritime Expo dan Festival Budaya direncanakan digelar 9-16 April 2016. Iven ini dilangsungkan di Pantai Purus, Cimpago, Kota Padang. Cukup banyak kegiatan dalam menyemarakkan Sumbar Maritime Expo dan Festival Budaya. Diantaranya seperti lomba lari "Padang 10K", pelepasan anak penyu, sepakbola pantai, panggung hiburan, lomba masak, festival band pelajar dan budaya, dan lainnya. Tidak hanya itu, Pemkab Pessel juga menggelar "Mandeh Joy Sailing", yakni pelayaran wisata menuju kawasan wisata Mandeh, Pessel.(tf/ch).

Post a Comment