Ads (728x90)

PADANGPOS.COM, (Manila),  

 Koleksi perhiasan milik istri diktator Filipina kabarnya akan dilelang. Harganya ditaksir mencapai Rp 281 miliar.

Perhiasan milik Imelda Marcos, istri diktator Ferdinand Marcos itu, merupakan hasil sitaan tahun 1986.
Saat itu, keluarga Marcos melarikan diri ke Hawaii usai terjadi pemberontakan yang menyudahi dua dekade periode kekuasaannya.

Termasuk dalam koleksi perhiasan itu adalah berlian 25 karat senilai Rp 67 miliar dan mahkota berlian Cartier senilai lebih dari Rp 670 juta.

Menurut Kepala Komisi Kepresidenan untuk Pemerintahan Baik Richard Amurao, barang sitaan itu masih dianggap sebagai bukti penyimpangan dalam pemerintahan Marcos.

“Perhiasan yang disita dari keluarga Marcos memperlihatkan bahwa ada kekeliruan prioritas dalam pemerintahan Marcos,” katanya, dikutip The Guardian.

Koleksi perhiasan hasil korupsi itu nantinya akan dipamerkan ke publik dan dilelang, di mana rencananya sudah disetujui oleh pemerintah Filipina.

Komisi kepresidenan itu berharap pelelangan tersebut dapat diadakan sebelum masa pemerintahan Presiden Benigno Aquino III berakhir pada Juni 2016 ini.

Diharapkan demikian sebab komisi tersebut juga ingin pelelangan itu menandai selesainya masa bakti komisi itu. (The Guardian/ABC News)

Post a Comment