Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),  

Pengurus Paguyuban Warga Sunda (PWS) Sumatera Barat (Sumbar), melakukan silaturahmi dengan Pemerintah Kota Padang Sabtu (30/1) lalu. Dalam pertemuan yang dilangsungkan di Palanta Kediaman Walikota Padang ini, juga dihadiri sesepuh-sesepuh pasundan diantaranya, Popong Otje Djundjunan yang juga anggota DPR RI, Sekda Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa.

Dalam kesempatan itu, Walikota Padang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Nasir Ahmad menyambut rombongan dengan jamuan makan malam.

Pada kesempatan itu, Iwa Karniwa menyampaikan, melalui silaturahmi kali ini berharap semakin mempererat hubungan antara suku sunda dengan suku minang. Sebagaimana di Jawa Barat juga banyak warga minang yang menetap, begitu pula warga sunda juga cukup banyak telah tinggal di Sumbar.

“Kita berharap, dari masing-masing perbedaan tidak mempengaruhi dalam berhubungan sosial. Apalagi antara sunda dan minang memiliki banyak kesamaan. Semoga kita selalu bersinergi dan mendukung apa saja bentuk kebaikan dan kemajuan untuk kita bersama,” imbuh Sekda Jabar ini.

Setelah itu, Ketua PWS Sumbar, Aji Rukmana menyampaikan terima kasih kepada Pemko Padang, telah menyambut dengan jamuan makan malam. Dimana maksud kedatangan rombongan, dalam rangka meningkatkan silaturahmi antara sunda dan minang.

"Diperkirakan, warga sunda di Sumbar mencapai puluhan ribu. Khusus di Kota Padang, lebih kurang mencapai 1500 Kepala Keluarga (KK). Rata-rata mayoritasnya berprofesi sebagai pedagang dan petani. Harapan kita, semoga Pemko Padang dan PWS senantiasa menjaga keharmonisan. Seperti diantaranya dalam mendukung kreasi budaya sunda di ranah minang,” imbuh Ketua PWS Sumbar yang baru terpilih tersebut.

Sementara itu Sekdako Padang, Nasir Ahmad menyampaikan selamat datang bagi pengurus PWS Sumbar beserta sesepuh pasundan di Kota Padang. Nasir mengatakan, Kota Padang selalu terbuka bagi apapun suku dan berbagai ras yang ada di Indonesia. Apalagi dengan adanya perbedaan, justru akan menguatkan rasa persatuan dan kesatuan dalam keutuhan NKRI.

“Dengan adanya budaya dari daerah lain, justru akan menambah keragaman corak budaya di Padang. Ini akan bisa menambah kreasi dan diharapkan akan memberikan kebaikan-kebaikan dan sesuatu perpaduan budaya yang baik. Untuk itu, siapa saja yang sudah menetap di bumi ranah minang, anggaplah seperti rumah atau kampung sendiri. Sehingga diharapkan, dari perbedaan-perbedaan yang ada akan tetap menjaga keharmonisan dan saling mendukung demi kemajuan suatu daerah,” sebut Nasir Ahmad.

Di akhir pertemuan, tamu dari paguyuban sunda tersebut menerima oleh-oleh dari Pemko Padang berupa Plakat logo Kota Padang. Dalam hal ini diserahkan Sekdako Padang, Nasir Ahmad kepada Anggota DPR RI Popong Otje Djundjunan dan Sekda Jabar, Iwa Karniwa. (tf/dv)

Post a Comment