Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),  

Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo mengharapkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemerintah Kota Padang mencapai target kerja yang diemban. Sebab hal ini akan mempengaruhi perputaran roda pemerintahan dan pelayanan kepada publik. 

Hal itu disampaikan Walikota Padang usai melantik 90 pejabat eselon III dan IV di jajaran kerjanya, Kamis (11/2). Menurutnya, target kerja itu sebenarnya telah disusun masing-masing SKPD setiap awal tahun.

"Dalam aturan pemerintahan, kita bekerja dengan rencana. Setiap tahun ada target yang dicapai. Tentunya target kerja itu harus direalisasikan," sebut Mahyeldi di Balaikota Padang.

Tidak hanya target kerja, SKPD juga memiliki target lain sesuai tugas pokok dan fungsi. Seperti target pendapatan, pelayanan dan lainnya. Kesemuanya itu menjadi tolok ukur dalam pekerjaan.
"Capaian target di bawah 25 persen tentunya sangat fatal," terang Mahyeldi.

Karena itu, agar target pertahun dapat tercapai, setiap SKPD supaya merealisasikan atau menurunkan program kerjanya setiap bulan. Mulai dari awal tahun, SKPD sudah mulai bekerja sesuai program kerjanya.
"Jadi di tahun 2016 ini, pada bulan Januari setiap SKPD sudah harus mulai menurunkan program kerjanya," ujar Walikota.

Walikota tidak ingin SKPD berlambat-lambat seperti tahun-tahun sebelumnya. Mulai menurunkan program kerjanya pada saat Maret atau April.

"Padahal pelayanan kepada publik dilakukan setiap waktu," ujar Mahyeldi.

Dikatakan Walikota, pelaksanaan program kerja yang dilakukan pada Maret atau April ini justru berakibat pada SKPD itu sendiri. Sehingga pekerjaan menumpuk pada akhir tahun.

"Padahal pengesahan APBD kita tepat waktu setiap tahunnya," tukas Mahyeldi.

Sementara itu dalam pelantikan pejabat yang digelar di ruang Bagindo Aziz Chan, Balaikota Padang, 34 pejabat eselon III dan 56 eselon IV dilantik. Sejumlah camat mesti bertukar tempat. Tak hanya itu, promosi jabatan juga mewarnai pelantikan kali ini.

Camat yang bergeser yakni, Camat Padang Utara Teddy Antonius dilantik jadi Camat Nanggalo. Tempat yang ditinggalnya diisi Editiawarman yang sebelumnya Sekcam di Koto Tangah. Hendra Mardhi yang sebelumnya di Kecamatan Nanggalo dilantik jadi Camat Lubuak Begalung menggantikan Ances Kurniawan.
Ances Kurniawan sendiri menggantikan Rachmadeny Dewi Putri di Kecamatan Padang Timur. Rachmadeny sendiri dilantik jadi Camat Kuranji. Lalu, Camat Kuranji sebelumnya, Salisma dilantik sebagai Kepala Bidang di Dinas Koperasi dan UMKM.

Kemudian, Camat Lubuk Kilangan Syafwan digantikan Yalmasril yang sebelumnya juga pernah menjadi camat di Koto Tangah dan Padang Utara. Syafwan sendiri dilantik menjadi Kabid di Dinas Pemuda dan Olahraga.

Walikota mengatakan pelantikan kali ini merupakan kebutuhan organisasi sekaligus penyegaran. Pejabat yang telah lama di satu tempat digeser ke tempat baru.
"Harus ada pergeseran karena butuh suasana baru bagi para pejabat itu," pungkas Walikota.(tf/ch/mn)

Post a Comment