Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang), 
Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo meresmikan Masjid Muhajirin yang berada di Komplek Villa Anggrek II Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah, Jumat (5/2).
Dengan keberadaan masjid tersebut, Wako Mahyeldi menyampaikan, ini merupakan suatu yang menggembirakan, karena telah bertambahnya masjid di Kota Padang khususnya di Kelurahan Balai Gadang. Sehingga diharapkan, semakin menggemanya syiar islam di kawasan tersebut.
“Semoga, masjid ini dapat dimanfaatkan masyarakat setempat sesuai fungsi dan kegunaannya. Karena, di samping tempat beribadah, masjid juga merupakan wadah dalam pembinaan kehidupan masyarakat dan pembinaan akhlak bagi generasi muda,” ujar wako.
Mahyeldi menyebutkan, dalam membenahi moral masyarakat, memang satu-satunya hanya melalui jalan agama. Maka untuk itu, Pemerintah Kota Padang akan terus memberikan dorongan seperti menambah jumlah masjid di Kota Padang. Apalagi sesuai filosofi di ranah minang, yakni Adat Basandi Syara’-Syara Basandi Kitabullah (ABS-SBK).
“Untuk itu, marilah kita semua satukan tekad dan bergandengan tangan, wujudkan Kota Padang yang lebih baik dan terjaga dari hal-hal negatif tentunya. Semoga, kota yang kita cintai ini dapat senantiasa kondusif dan semua masyarakatnya berakhlak mulia,” seru walikota yang juga seorang ulama ini.
Sementara itu, Kabag Kesra Setdako Padang, Al Amin membacakan Surat Keputusan (SK) Walikota Padang untuk fungsi dan kegunaan masjid yang baru diresmikan tersebut. Dia membacakan, agar pengurus beserta jemaah masjid mampu meningkatkan fungsi masjid. Seperti di bidang pendidikan, menghidupkan kegiatan TPQ/TQA, majelis taklim, membuat perpustakaan masjid, wirid remaja, remaja masjid, didikan shubuh, pesantren ramadhan, koperasi masjid dan kegiatan sosial kemasyarakatan.
“Pada kesempatan ini, kita juga menyerahkan bantuan hibah Pemko Padang sebanyak Rp 10 Juta untuk Masjid Muhajirin,” ucap Al Amin.
Setelah itu, Panitia Peresmian Masjid Muhajirin, Ramlan Ghazali mewakili pengurus dan jamaah menyampaikan rasa senang dengan telah diresmikannya Masjid Muhajirin yang sebelumnya merupakan mushalla. Ke depan, pengurus dan jemaah bertekad akan menghidupkan fungsi dan kegunaan masjid ini dengan optimal.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya donatur dari Timur Tengah yang cukup banyak membantu dalam pembangunan masjid ini. Kita berharap, setelah beralih fungsinya mushalla menjadi masjid, semoga jemaah akan lebih banyak lagi. Hari ini kita perdana melaksanaan shalat Jumat, alhamdulillah jamaah sangat banyak,” sebutnya.
Pada peresmian masjid tersebut, juga dihadiri Kakan Kemenag Padang, Japeri, Ulama Sumbar, Mas’oed Abidin, Muspika Koto Tangah, Camat Koto Tangah Adlin Gusmar, Lurah, Ketua KAN Koto Tangah dan tokoh masyarakat setempat. (tf/dv/fz/bt).

Post a Comment