Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),   

Warga Kecamatan Bungus Teluk Kabung berharap perhatian lebih dari Pemerintah Kota Padang terkait pembangunan infrastruktur di kawasan tersebut seiring berkembangnya sektor pariwisata. 

 Lebih dari itu, kehadiran sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tak kalah pentingnya bagi warga di kecamatan paling selatan di Kota Padang itu.

Hal itu diungkapkan sejumlah tokoh masyarakat saat kunjungan Walikota Padang H. Mahyeldi Datuk Marajo sekaligus melaksanakan shalat Jumat di Masjid Jamik, Teluk Kabung Utara, Jumat (12/2).

Menurut Wako Mahyeldi, harapan masyarakat Bungus Teluk Kabung merupakan bagian dari program Pemko Padang yang sedang difokuskan pelaksanaannya. Termasuk pembangunan jalan dan jembatan serta rencana pembangunan sebuah SMK.

"Pembangunan jalan dan jembatan sebagain sudah terlaksana dan beberapa ruas juga sudah dianggarkan di APBD 2016 ini. Begitu juga rencana pembangunan SMK, saat ini sedang mencari lahan yang memadai dengan lokasi yang strategis serta tidak bermasalah kepemilikannya," ungkap Mahyeldi kepada wartawan.

Ia menambahkan, peningkatan sarana jalan dan jembatan menjadi hal yang urgen di Bungus Teluk Kabung seiring meningkatnya kunjungan wisata ke wilayah yang dikenal dengan pantai dan pulau-pulaunya yang cantik itu. "Akses jalan sangat penting menunjang pengembangan pariwisata. Dengan majunya pariwisata, geliat ekonomi masyarakat juga akan lebih baik,"imbuhnya.

Dalam kunjungan ini, Walikota didampingi sejumlah Kepala SKPD dan Camat Bungus Teluk Kabung Imral Fauzi serta para lurah di jajarannya. Menurut Camat Imral, warga Bungus Teluk Kabung antusias mendukung program-program pembangunan Kota Padang.

Terlebih yang berkaitan dengan pengembangan potensi pariwisata yang cakupannya juga ke beberapa sektor lain seperti usaha kecil dan menengah, perdagangan dan jasa serta kelautan.

"Dukungan warga tersebut dibuktikan dengan kegiatan gotong-royong yang rutin dilakukan. Baik itu gotong royong dalam pembangunan jalan baru, program betonisasi maupun membersihkan lingkungan," kata Imral.

Respon positif itu, masih menurut Imral, tidak terlepas dari besarnya harapan warga untuk meningkatkan taraf hidup. Sebab, lebih dari 40 persen masyarakat Bungus Teluk Kabung masih tergolong pra sejahtera.

"Dengan terbukanya peluang lebih besar di sektor pariwisata maka praktis kesejahteraan masyarakat akan meningkat, ujarnya".

Begitu pun dengan mendirikan sebuah SMK di Bungus Teluk Kabung. Selain memenuhi kebutuhan pendidikan generasi disini. "Keberadaan SMK sendiri akan menjadi titik pertumbuhan ekonomi karena akan terbukanya usaha baru," tukas Camat Imral.

Pada kesempatan ini, Camat Imral juga mendampingi Walikota Mahyeldi meninjau SMPN 36 Padang dan sejumlah rumah tidak layak huni (RTLH) yang sedang direhab Pemko Padang.

Rombongan Tim Tim Jumat Keliling yang hadir dari PU, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perikanan, Bapedalda, Dinas TRTB, Sat Pol PP, Bagian Humas  Protokol dan Kesra.  (tf/du/ch/mn).

Post a Comment