Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),  


Sebanyak 320 pesilat usia muda bakal bertarung di ajang Festival Silat Pelajar Sumatera. Iven yang mempertemukan para pendekar yang terdiri dari pelajar SMP dan SMA atau sederajat ini dimulai Jumat (5/2) di MAN 3 Koto Tangah, Padang.

Digelarnya helat olah raga beladiri asli Indonesia ini disambut baik oleh Pemerintah Kota Padang. Para peserta pun dijamu makan malam di Palanta Rumah dinas, pada Kamis malam (4/2). 

Disambut langsung Wakil Walikota Padang H. Emzalmi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Suardi Junir, Kepala Dinas Pendidikan Habibul Fuadi serta Kabag Humas dan Protokol Mursalim Nafis. Juga hadir Kepala Kantor Kemenag Kota Padang Japeri selaku tuan rumah penyelenggara Festival Silat Pelajar se-Sumatera tahun ini.

Wawako Emzalmi mengatakan, kecintaan generasi muda terhadap beladiri silat adalah dasar tumbuhnya patriotisme dan nasionalisme. Melalui iven ini rasa kecintaan dan semangat nasionalisme itu akan dapat terus dijaga.

"Kita menyambut baik diselenggarakannya iven ini, karena menjadi wadah untuk memelihara kecintaan terhadap budaya sendiri di kalangan generasi muda," ujarnya.

Selain itu, Emzalmi menambahkan, dari ajang silat ini diharapkan lahir atlet-atlet tangguh yang akan memabawa harum nama daerah dan bangsa secara umum.

"Untuk itu kita sangat mendukung iven-iven serupa terus dilaksanakan. Tidak saja silat, tetapi juga cabang- cabang olah raga lainnya," kata Emzalmi.

Dia menegaskan, Kota Padang siap menjadi tuan rumah. Terlebih Kota Padang memiliki visi sebagai kota wisata yang memang ingin mendatangkan banyak orang. 

"Semakin banyak iven, semakin banyak orang datang. Hal itu akan menjadi ajang promosi sehingga kota Padang lebih dikenal,” imbuhnya. (tf/du)

Post a Comment