Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),  
Helat latihan perang angkatan laut bertajuk “Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2016” digelar medio April nanti. Padang menjadi tuanrumah kegiatan tersebut. Dipastikan 37 negara peserta akan ikut ambil bagian.
Semakin dekatnya penyelenggaraan iven tersebut, membuat Pemerintah Kota Padang terus berbenah agar helat itu sukses. Tempat diselenggarakannya kegiatan tersebut seperti Pantai Padang dan Teluk Bayur terus ditata sedemikian rupa. Pemko pun mengimbau pedagang dan masyarakat untuk mendukung agenda internasional tersebut.
Sekretaris Daerah Kota Padang, Nasir Ahmad menyebut bahwa Pantai Muaro Lasak merupakan salah satu venue tempat diselenggarakannya MNEK 2016. Di sini akan digelar serangkaian lomba diantaranya sepakbola pantai (beach soccer). Karena itu, seputar arena lomba mesti benar-benar steril.
“Sebelum MNEK digelar, Muaro Lasak mesti dikosongkan. Pedagang dan pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan, terutama bekas cangkang langkitang,” kata Nasir Ahmad, kemarin.
Tidak diperbolehkannya cangkang langkitang dibuang sembarangan akan berakibat fatal bagi peserta ‘beach soccer’ yang notabene merupakan peserta MNEK 2016. Sebab, selama ini langkitang sering djumpai di pasir Pantai Muaro Lasak. Bila langkitang tersebut juga berserakkan di lapangan sepakbola pantai tentu akan membahayakan pemain.
“Kita harapkan kondisi lapangan bersih, terutama dari cangkang langkitang,” tambah Sekda.
Sementara itu, Sekda menekankan bahwa pada pembukaan MNEK 2016 nanti, dipastikan akan dihadiri Presiden RI, Joko Widodo. Selain itu juga hadir Kepala Staf Angkatan Laut dari 37 negara. “Puncak kegiatan ini di lokasi tugu perdamaian di Pantai Muaro Lasak,” ujar Nasir Ahmad.
Saat ini, pekerja terus melakukan pengerjaan pembangunan tugu perdamaian. Pondasi tugu sudah hampir rampung, tinggal menunggu tugu untuk diletakkan di posisi yang tepat. “Agenda MNEK 2016 cukup padat. Nantinya juga ada lomba marandang, selaju sampan, termasuk kirab, dan lainnya,” pungkas Sekda.
Minggu (20/3) pagi, Sekda beserta SKPD terkait meninjau langsung Pantai Muaro Lasak dan Danau Cimpago. Di sini Sekda melihat lokasi tempat akan dilangsungkannya sepakbola pantai termasuk tempat dilakukannya penandatanganan di tugu perdamaian.
Sekda melihat, cukup banyak yang mesti dibenahi. Terutama kesadaran pedagang dan pengunjung dalam menjaga kebersihan, ketertiban dan keindahan. Sekda menemukan cukup banyak sampah berserakan di Pantai Muaro Lasak. “Kita harapkan pedagang yang berjualan dari sore hingga malam hari bisa menjaga menjaga K3,” ujar Sekda.(tf/ch/mn)

Post a Comment