Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),
  
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang berhasil merealisasikan penerbitan KTP-el sebanyak 91 persen dari 600 ribu lebih penduduk wajib KTP. Pencapaian ini diapresiasi Kementrian Dalam Negeri berupa piagam penghargaan karena dinilai tertinggi di Indonesia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang juga menyampaikan apresiasi atas pencapaian tersebut sekaligus menyerahkan secara simbolis piagam penghargaan dari Menteri Dalam Negeri tersebut kepada Kepala Disdukcapil Wedistar. Penyerahan piagam penghargaan tersebut dilakukan saat Sekda memimpin apel pagi di Komplek Kantor Eks SMA 1 Padang Jalan Sudirman, Senin (14/3).

Sekda Nasir Ahmad mengatakan, penerbitan KTP-el yang mencapai 91 persen merupakan pencapain yang tinggi diatas rata-rata penerbitan secara nasional. Ini semua berkat kerja sungguh-sungguh yang ditunjukkan Disdukcapil dalam penanganan administrasi kependudukan.

"Kita berharap kinerja yang bagus ini terus dipertahankan sehingga pelayanan administrasi kependudukan di Kota Padang sesuai dengan harapan masyarakat," sebutnya.

Ia menambahkan, kinerja yang baik ini hendaknya bukan saja soal penerbitan KTP-el tetapi juga dalam penertiban dokumen kependudukan lainnya, Disdukcapil harus lebih inovatif dengan mengembangkan aplikasi berbasis internet. Hal itu guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Termasuk mendukung pelayanan PATEN di tingkat kecamatan.

"Inovasi-inovasi perlu dikembangkan, termasuk mempermudah akses pelayanan melalui aplikasi berbasis internet. Dengan demikian masyarakat tidak lagi ribet mengurus dokumen-dokumen terkait administrasi kependudukan,"imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Disduk Capil Wedistar mengungkapkan, dalam waktu dekat, pihaknya akan meluncurkan aplikasi berbasis web sehingga penerbitan Kartu Keluarga (KK) dan KTP-el nantinya bisa melalui aplikasi tersebut. Diyakini dengan aplikasi ini nanti setiap pengurusan administrasi akan lebih cepat dan pelayanan PATEN di tingkat kecamatan juga lebih terbantu.

"Kita akan luncurkan aplikasi yang lebih memudahkan masyarakat. Dari aplikasi ini, masyarakat bisa melakukan pengisian administrasi untuk keperluan penerbitan KK dan KTP-el,"tukuknya.(tf/du/yz)

Post a Comment