Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),  

Dua camat terbaik dinominasikan sebagai calon penerima Camat Award tingkat Kota Padang 2016. Kedua camat tersebut adalah Camat Bungus Teluk Kabung, Imral Fauzi dan Camat Padang Barat, Arfian. 

Pada sesi ekspos yang berlangsung di Ruang Abu Bakar Jaar Balaikota Padang, Rabu (30/4) siang tadi, Ketua Tim Penilai Kompetensi Camat tingkat Kota Padang, Sultani Wirman mencecar keduanya dengan sejumlah pertanyaan pada selang waktu yang berbeda.

Camat Arfian dijejali pertanyaan tentang penataan kawasan Pantai Padang. Selaku pemerintahan terdepan, camat menjadi ujung tombak dalam setiap pelaksanaan kegiatan di wilayah yang dulunya semrawut dan dipenuhi lapak-lapak pedagang tersebut.

Dengan gamblang Arfian memaparkan langkah-langkah yang dilakukannya. Menurutnya, penataan Pantai Padang tidak lepas dari arahan pimpinan kota, dalam hal ini Walikota, Wakil Walikota dan Sekda. Sedangkan peran camat lebih cenderung pada pendekatan persuasif terhadap warga dengan membangun koordinasi dengan Kapolsek dan Danramil.

"Sesuai arahan pimpinan, kami bersama muspika melakukan pendekatan persuasif kepada warga, khususnya pedagang yang berjualan di sepanjang pantai. Melalui pendekatan itu, kami menyampaikan program-program Pemko Padang untuk pengembangan pariwisata yang akan menumbuhkan prospek lebih baik bagi ekonomi masyarakat. Dari sini muncul kesadaran masyarakat, sehingga mau diatur dan dipindahkan ke lokasi yang disediakan," papar Arfian.

Begitu juga untuk menciptakan kawasan pantai yang tertib dan nyaman bagi pengunjung berkendaraan, warga setempat diberdayakan sebagai juru parkir. "Hal itu kita lakukan bekerjasama dengan SKPD terkait, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perhubungan serta pengelolaannya oleh Muspika," jelasnya.

Arfian juga memaparkan terkait pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pembinaan UMKM, pembinaan keagamaan melalui wirid mingguan ASN serta pelaksanaan MTQ dengan melibatkan seluruh elemen. Pembinaan masalah sosial tidak kurang menjadi perhatian Camat Padang Barat, termasuk pemberdayaan kelompok masyarakat dalam pengelolaan kebersihan lingkungan.

Sementara itu, Camat Bungus Teluk Kabung Imral Fauzi, kurang lebih juga dicecar dengan pertanyaan yang mengulik kiat keberhasilannya meningkatkan pembangunan berbagai bidang di wilayahnya. Keberhasilan menonjol Camat Bungus Teluk Kabung diantaranya berhasil merealisasikan target Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di atas 100 persen. Realisasi itu juga berlaku untuk semua kelurahan di kecamatan paling selatan Kota Padang ini.

Selain itu, pria yang akrab disapa Ajo Im itu juga sudah berhasil menggairahkan pariwisata di "negeri jelita" yang memiliki potensi wisata luar biasa tersebut. Selain membentuk komunitas masyarakat sadar wisata, ia juga mati-matian memperjuangkan pembangunan infrastruktur guna akses jalan yang lebih baik di sebagian wilayah Bungus teluk Kabung yang masih minim.

"Kami bersama Muspika, anggota DPRD dari dapil setempat dan elemen masyarakat selalu menghidupkan semangat gotong royong untuk pembangunan lingkungan dan mewujudkan kebersihan serta mengembangkan potensi yang ada," paparnya.

Adapun peluang kedua camat ini untuk mewakili Kota Padang pada penilaian kompetensi tingkat Provinsi Sumatera Barat, menurut Kepala Bagian Pemerintahan Skretariat Kota Padang Tarmizi Ismail sangat besar. "Kita tidak ingin mendahului tim penilai, tetapi peluang kedua camat ini cukup besar. Keduanya merupakan camat terbaik yang sudah membuktikan kinerja dan hasil kerjanya," tukasnya.(tf/du)

Post a Comment