Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),  
Dinas Pendidikan Kota Padang secara resmi melaunching aplikasi “School Media” Kamis (24/3) di palanta kediaman Walikota Padang. Aplikasi yang dirintis oleh tim dari Direktorat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini, telah mulai difungsikan sebanyak 95 sekolah di Kota Padang yang terdiri dari sekolah SMP, SMA dan SMK.
Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo saat melaunching aplikasi itu memberikan apresiasi. Menurutnya, dengan hadirnya School Media dari Dinas Pendidikan Kota Padang melengkapi agenda Pemko Padang dalam menjadikan Kota Padang sebagai Smart City.
“Aplikasi School Media ini sangat positif bagi kita dalam memajukan pendidikan di Kota Padang. Dimana aplikasi ini memberikan informasi-informasi terkait lingkup di Dinas Pendidikan. Baik itu mulai dari guru, siswa, masing-masing sekolah serta kegiatan yang dilakukan. Semuanya bisa dilihat secara mudah. Sehingga memudahkan kita mengakses informasi terkait perkembangan seputar pendidikan,” terang Walikota setelah launching yang juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Padang, Muhidi, tim pengelola School Media dan kepala sekolah SD hingga SMA itu.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Habibul Fuadi menjelaskan, School Media merupakan website aplikasi pendidikan yang dilengkapi dengan network sosial. Tujuannnya, melalui aplikasi itu bisa menghubungkan antara masyarakat dengan komunitas sekolah untuk saling berbagi ilmu pengetahuan. Dimana upaya ini merupakan suatu kemestian dalam era kemajuan teknologi, karena semua pelayanan harus cepat kepada masyarakat.
"Aplikasi ini menjadi tempat bertemunya lembaga dan individu, antara guru, siswa, orang tua siswa, alumni sekolah, personil lembaga dan juga masyarakat umum. Tujuan utamanya tentu, membantu Dinas Pendidikan atau tiap sekolah untuk meningkatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat. Sehingga diharapkan, akan memudahkan saling berinteraksi dan memberikan manfaat satu sama lainnya,” jelas Habibul.
Habibul Melanjutkan, adapun pada Aplikasi School Media menyediakan beberapa fitur menarik. Diantaranya Network Social, User Organization, News, Questions and Answer, E-Learning Schoolmedia, Online Based Testing Schoolmedia, E-book, E-point, School Web Management, System Akademic School dan Games Edukasi.
"Jadi di aplikasi ini ada beberapa fitur layanan. Ada layanan super belajar, kemudian layanan dimana anak-anak para siswa bisa bertanya secara online terhadap bahan mata pelajaran yang diragukan atau tidak tahu. Setelah itu juga ada latihan soal-soal, serta para orang tua juga bisa melihat kehadiran anaknya di sekolah. Semuanya itu bisa diakses dengan mudah lewat HP smart phone," sebutnya.
Terkait jumlah sekolah yang telah terhubung dalam aplikasi School Media, Habibul menyebutkan, untuk tahap awal hingga saat ini sudah ada 95 sekolah di Padang yang telah dilatih dan terhubung ke dalam aplikasi School Media.
“Untuk SMP sebanyak 37 sekolah, SMA 33 sekolah dan SMK sebanyak 25 sekolah. Ke depan, kita akan terus gulirkan dan sosialisasikan lagi. Semoga nantinya semua sekolah yang ada di Padang, akan terkoneksi dengan jaringan School Media ini. Karena ini juga bagian dari kita, mendukung Pemko Padang mewujudkan Kota Padang menjadi Smart City” tukasnya mengakhiri. (tf/dv/fs)

Post a Comment