Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),   
Kecamatan Lubuk Bagaluang (Lubeg) kini punya objek wisata. Objek wisata dengan nama "Anugerah Alam Maya" itu hadir di aliran Sungai Batang Arau, Ujung Tanah, Lubuk Begalung, Padang. Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo meresmikan objek wisata itu, Sabtu (19/3).
Kehadiran objek wisata itu disambut baik Walikota Padang.
Menurutnya, kepedulian kelompok masyarakat dalam mengembangkan potensi pariwisata lokal seperti ini diharapkan dapat memicu semangat kelompok sadar wisata lainnya dalam mengembangkan potensi pariwisata lokal.
"Alam yang terbentang luas ini semuanya diperuntukkan Allah bagi manusia. Kalau kita mengelolanya dengan baik, maka dia akan banyak memberi manfaat positif bagi kita. Sebaliknya, kalau kita kelola sesuka hati, seperti membuang sampah ke sungai, dan lain-lain, maka bencana yang akan terjadi. Kita yang rugi," terang wako.
"Dulu ada istilah kita di Minang, 'pai ka sungai'. Artinya pergi ke belakang untuk buang hajat. Dulu sungai kita jadikan sebagai tempat membuang kotoran, sampah, dan lain-lain. Dan itu menjadi sebuah budaya yang tidak baik. Akibatnya sungai menjadi kotor," tambah Mahyeldi.
Lebih lanjut Mahyeldi mengatakan, budaya tidak baik tersebut harus diubah. Sungai dan laut harus dijadikan halaman di depan rumah.
"Bukan belakang rumah yang selalu kita jadikan tempat membuang sampah dan kotoran. Sungai dan laut kita harus bersih," tegasnya.
Hemat Walikota, apa yang telah dilakukan oleh pemuda Ujung Tanah, Forkopimka, dan tokoh masyarakat Lubuk Begalung dalam menginisiasi dan mengembangkan objek wisata ini perlu diapresiasi.
"Semoga masyarakat kita yang lainnya juga terpicu semangat dan motivasinya mengelola potensi pariwisata daerah masing-masing," katanya.
Mahyeldi menambahkan, agar kawasan ini cepat berkembang, Pemko akan membantu memberikan fasilitas yang dibutuhkan nantinya.
"Kita juga akan membantu mengaspal jalan ke lokasi wisata agar nantinya pengunjung nyaman untuk mampir dalam menikmati wahana serta kuliner yang ada di kawasan ini," tukasnya.
Objek wisata "Anugerah Alam Maya" merupakan ide dari masyarakat sekitar. Objek wisata yang akan menjadi destinasi wisata menarik ini merupakan binaan majelis taklim telkomsel melalui dana zakat. Zakat yang biasanya di terima berupa konsumtif, sekarang ini mulai diubah menjadi produktif. Agar nantinya terus berkembang dan membantu perekonomian warga sekitar serta mengurangi jumlah pengangguran ke depannya.
Ketua Pelaksana, Edwar Syah mengatakan, kawasan wisata baru ini nantinya diharapkan turut menunjang perekonomian warga. Dan diharapkan warga yang sebelumnya menerima zakat, ke depannya bisa menjadi pemberi zakat kepada yang membutuhkan.
"Nantinya di kawasan wisata ini akan dibina 40 pedagang serta memberdayakan 10 pemuda untuk bekerja, sehingga nantinya turut mengurangi tingkat pengangguran," jelasnya.
Pada lokasi tersebut cukup banyak wahana permainan air yang harganya relatif terjangkau. Setiap permainan dikenakan biaya yakni Rp 5000,- perjamnya.
Setiap tiket akan diberlakukan asuransi Jasa Raharja. Di sini juga disiapkan tim siaga bencana untuk menanggulangi hal buruk yang terjadi nantinya.
"Wahana yang ada di kawasan ini yakni bebek kayuh, sampan slodang, boat, pondok apung, serta kuliner untuk para pengunjung. Di kawasan wisata ini bebas biaya parkir bagi pengunjung," tambah Edwar.
Ke depannya, wahana tersebut akan dibangun taman dan gerbang yang sekaligus posko wisata. Agar nantinya pengunjung yang datang akan merasa nyaman untuk mampir dan menikmati wisata baru tersebut.
Dalam peresmian itu terlihat hadir diantaranya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi, Kabag Humas dan Protokol, Mursalim, serta Camat Lubeg, Hendra Mardhi.(tf/ch/mn)

Post a Comment