Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) nasional yang ke-37 tingkat Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki), resmi ditabuh Minggu (5/3) pagi.

Lomba keagamaan yang diselenggarakan sekali dalam dua tahun itu, dibuka Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo, yang juga dihadiri unsur Muspika Kecamatan Luki, beberapa anggota DPRD Padang, Kabag Kesra Setdako Padang, Al Amin, Kasi Bina Masyarakat (Bimas) Kemenag Padang, M. Sarkoni, serta tokoh adat, masyarakat, dan pemuda kecamatan setempat.

Walikota mengatakan, ajang MTQ ini diharapkan dapat memunculkan qari dan qariah yang handal dan mampu bersaing di level tingkatan MTQ selanjutnya.

“Untuk itu kepada para kafilah yang berhasil meraih juara di MTQ tingkat kecamatan ini, diharapkan bisa melanjutkan perjuangannya untuk menjadi utusan pada MTQ tingkat kota, provinsi serta nasional,” ujar Walikota usai membuka MTQ yang berpusat di Masjid Jamik Lubuk Sarik, Kelurahan Padang Besi itu.

Wako melanjutkan, melalui pelaksanaan MTQ diharap semakin meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kitab suci alquran. Pemko Padang berkomitmen, akan terus memberikan motivasi karena pentingnya mempelajari, membaca dan mempedomani alquran dalam hidup dan kehidupan sehari-hari.

"Alhamdulillah, berkat usaha, dorongan dan dukungan kita semua, Kota Padang telah sukses meraih 22 kali juara umum MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Semoga qari dan qariah yang kita miliki, akan bisa mewakili Sumbar dan juga mampu meraih prestasi di MTQ tingkat nasional 2017 nanti,” imbuhnya.

Demi memotivasi para kafilah Kota Padang, untuk bisa berkancah dan mampu meraih prestasi di MTQ tingkat nasional, Mahyeldi menyebut, pemko telah menyediakan reward dan bonus spesial.

“Jadi bagi kafilah yang mampu meraih juara satu di cabang hafizul quran dan tilawatil quran di tingkat nasional nanti, akan dibuatkan rumah, diberangkatkan pergi haji, disediakan toko atau tempat usaha serta juga diberikan dana insentif tiap bulan,” ujar Walikota agamis ini dengan semangat.

Sementara itu, Camat Lubuk Kilangan, Yalmasril menyampaikan rasa syukur dan terima kasih karena tingginya antusias seluruh elemen masyarakat dalam pelaksanaan MTQ tersebut. Berbicara harapan dan target pada MTQ tingkat kota Agustus nanti, camat senior ini berkeinginan siap membawa Kecamatan Luki merebut juara umum yang dipegang oleh Kecamatan Koto Tangah.

Ketua Panitia Pelaksana, Yaldi sewaktu ditemui mengatakan, dalam MTQ ke-37 tingkat Kecamatan Lubuk Kilangan tahun 2016 ini, dituan rumahi Kelurahan Padang Besi yang

diikuti 310 qari dan qariah dari 7 kelurahan. Terkait pelaksanaannya, berlangsung selama dua hari dimulai Sabtu pagi dan ditutup Minggu (5-6/3) malam.

Sedangkan, untuk cabang yang dilombakan antara lain,Tilawah, Tartil, Hifzil 1 juz tilawah, Hifzil 1 juz non tilawah, Hifzil 5 juz tilawah, Hifzil 5 juz non tilawah, MSQ, MFQ, Qasidah Rebana, Pawai Ta’aruf serta Khutbah dan Adzan Jumat.

"Pembukaan MTQ ini kita awali dengan pawai ta'aruf, Sabtu (5/3) pukul 08.00 Wib yang dilepas Kabag Kesra Setdako Padang, Al Amin. Arak-arakan peserta pawai lebih kurang 3500 orang ini, dimulai dari jalan Raya Indarung-Bandar Buat menuju lokasi utama di Masjid Jamik Lubuk Sarik Kelurahan Padang Besi,” tukas Yaldi yang juga Wakil Ketua Karang Taruna Kota Padang itu.

Pembukaan MTQ tersebut, juga dilengkapi dengan pemukulan bedug oleh Walikota Padang bersama sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat. Yang kemudian diteruskan dengan, penyerahan piala bergilir dari Kelurahan Koto Lalang selaku juara MTQ ke-36 kepada pantia pelaksana untuk diperebutkan kembali. (tf/dv)

Post a Comment