Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang), 

Pemerintah Kota Padang masih tetap fokus pada 10 prioritas pembangunan pada 2017 mendatang. Sepuluh pembangunan prioritas tersebut dimatangkan dalam Muasyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah 2017 yang berlangsung di Hotel Bumi Minang, Rabu dan Kamis (30 dan 31/4).

Walikota Padang H. Mahyeldi Dt. Marajo mengatakan, percepatan pembangunan infrastruktur sarana perdagangan kota dan sentra ekonomi dengan menuntaskan pembangunan Pasar Raya Padang adalah salah satu prioritas yang diharapkan selesai tahun ini (2016). Sedangkan pada 2017 mendatang penataan pedagang di kawasan tersebut sudah selesai sehingga kegiatan di sentra ekonomi berjalan lebih baik.

"Kita menuntaskan pembangunan Pasar Raya dan melakukan penataan para pedagang agar menempati sarana yang representatif. Dengan demikian kegiatan ekonomi berjalan dengan baik di tahun mendatang," kata Mahyeldi usai membuka Musrenbang yang diikuti seluruh pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Padang, Forkopimda serta LPM kecamatan se-Kota Padang.

Selain itu, Mahyeldi menjelaskan, sembilan prioritas pembangunan yang lainnya adalah peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan, peningkatan infrastruktur maupun sarana prasarana perkotaan seperti transportasi serta kerja sama regional dan internasional.

"Tak kalah penting, yang sangat serius kita lakukan saat ini adalah pengembangan industri pariwisata dan kelautan serta pemberdayaan masyarakat pesisir dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif yang berdaya saing," jelasnya.

Begitu juga dengan peningkatan penataan ruang dan peningkatan pembangunan kawasan perumahan pemukiman perkotaan, menurut Mahyeldi lagi merupakan suatu aspek yang mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Kota Padang. Hal itu disebabkan semakin meningkatnya jumlah penduduk dan bertambahnya intensitas kegiatan masyarakat.

"Selanjutnya peningkatan dan pemerataan akses dan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat. Kemudian pembangunan ekonomi berbasis masyarakat dan penurunan tingkat kemiskinan. Juga penataan lingkungan perkotaan yang hijau, berkelanjutan dan berbasis mitigasi bencana,"

Ia menambahkan, yang tidak dapat diabaikan pula pada pembangunan 2017 mendatang yaitu peningkatan penataan birokrasi dan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih untuk peningkatan pelayanan publik.

"Lalu yang kesepuluh adalah pengamalan agama dalam kehidupan masyarakat yang berbudaya.,"tukasnya.(tf/du)

Post a Comment