Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),  

Penghulu Suku Tanjung Kenagarian Pauh IX Kecamatan Kuranji Kota Padang, Prof DR H Irwan Prayitno, Psi, MSc., Datuk Rajo Bandaro Basa resmi menyandang gelar kebangsawanan Tuanku Paduko Marajo Basa. Gelar tersebut disematkan oleh Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Pagaruyung Sutan M Taufiq Taib dalam sebuah prosesi di Istana Silinduang Bulan, Batu Sangkar, Tanah Datar, Minggu (20/3/2016). 

Selain Irwan Prayitno yang saat ini tercatat sebagai Gubernur Sumatera Barat, gelar kebangsawanan juga dianugerahkan kepada Ny. Nevi Irwan Prayitno dengan gelar Puan Puti Intan Baiduri. Dalam surat titah Rajo Alam Minangkabau Pagaruyung, disebutkan, penghargaan ini dilakukan, karena keduanyo berperan dalam mengembangkan adat dan budaya Minangkabau selama ini. Disamping itu, juga keduanya dinilai pastas atas pengabdian selama ini jadi pemimpin di Sumatera Barat.

Tak hanya Irwan Prayitno dan istrinya mendapat penganugerahan gelar, Sutan H. Ihsan Fajri juga mendapat gelar bangsawan Minangkabau dengan gelar Tuanku Besar Tumenggung Diraja, Adya Arif Ariman dengan gelar Tuanku Mudo Tumenggung Diraja, Encik Ramli Awaluddin (Dato' Paduka) dan Dato' lainnya dari Malaysia.

Prosesi penganugerahkan dilakukan dengan pemasangan selempang kebesaran dan peci kebangsawanan oleh Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau Pagaruyung Sutan H. Taugfiq Taib. 

Penganugerahan gelar tersebut dihadiri oleh para pembesar negeri, diantaranya Wakil Gubernur Sumatera Barat H Nasrul Abit, Bupati/Walikota se Sumatera Barat, pemangku adat. Pada kesempatan tersebut juga terlihat hadir Ninik Mamak dari Suku Tanjung Kenagarian Pauh IX Kecamatan Kuranji, diantaranya Zulhendri Ismet Rajo Bungsu, Darmansyah Rajo Tangkeh, Herman Pandito, Gusnadi Malin Marajo, Khairul Ikhwan Malin Basa, dan lainnya. (zi)

Post a Comment