Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang), 

Isteri Walikota Padang, Ny Hj. Harnely Bahar Mahyeldi mendukung pembangunan masjid di Kampung Jambak RT 04 RW 02 Kelurahan Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang. Sebab, selain sebagai sarana ibadah, masjid juga bisa digunakan untuk kegiatan lainnya. 

Seperti untuk tempat berkumpul bagi warga dalam menyelesaikan sebuah persoalan dengan cara musyawarah dan mufakat.

“Ya, masjid itu banyak sekali manfaatnya. Mudah-mudahan dengan dibangunnya sebuah masjid di kampuang ini, warga di sini semakin kompak dan bersatu. Kemudian pelaksanaan ibadahnya juga meningkat,” ungkap Harnely Bahar saat meninjau lokasi pembangunan masjid bantuan donatur dari Arab di Kampung Jambak Lubuk Lintah, Minggu (20/3) siang.

Dalam kunjungan mendadak tersebut, isteri walikota didampingi anggota Komisi IV DPRD Padang, Iswandi Muchtar, Camat Kuranji, Rahmadeni Dewi Putri, Sekcam Kuranji, Yoga Nathasa Amin dan Lurah Lubuk Lintah, Martias Ali.

Menurut Harnely, warga Kampung Jambak harusnya bersyukur karena tidak semua kampung dan kelurahan di Kota Padang yang mendapatkan bantuan serupa. Sudah pasti ada yang memfasilitasinya sehingga bisa mendapatkan bantuan dari donatur Arab Saudi.

“Kalau saya tak salah dengar, ini pak gubernur (Irwan Prayitno, red) dulu ya yang meletakkan batu pertamanya? Mudah-mudahan setelah selesai pembangunannya nanti, bapak gubernur juga yang meresmikannya,” ucap Ummi, sapaan akrab isteri walikota Padang itu yang diamini warga.

Anggota DPRD Kota Padang dari Dapil Kuranji-Pauh, Iswandi Muchtar juga memberikan apresiasi atas pembangunan masjid tersebut. Dikatakannya, dengan adanya bantuan seperti ini secara tidak langsung telah ikut meringankan beban Pemerintah Kota (Pemko) Padang. Sebab, pembangunan sarana ibadah merupakan bagian dari tanggungjawab pemerintah yang diatur dalam UU.

“Nah, dengan adanya bantuan dari pihak ketiga seperti ini, tentu kita bersyukur. Sehingga berkurang juga beban yang harus ditanggung Pemko Padang. Atas nama wakil rakyat, kami juga mengucapkan terimakasih kepada para donatur yang telah ikut berpartisipasi dalam pembangunan masjid ini. Semoga masjid ini nantinya bisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh warga di sini nantinya,” harapnya.

Sementara itu, salah seorang pemuka masyarakat Kampung Jambak, Zamril Rajo Perak menjelaskan, lokasi pembangunan masjid tersebut merupakan hasil hibah warga setempat dengan luas tanah sekitar 300 m2.

“Sebenarnya sudah sejak lama warga kami di sini mendambakan sebuah masjid. Alhamdulillah, baru sekarang bisa terwujud,” tuturnya menjelaskan.

Ia juga menyebutkan, perihal bantuan dari Arab Saudi itu merupakan inisiatif dari salah seorang tokoh muda Kampung Jambak yang bergerak di bidang media massa (wartawan, red). Dia adalah Nofrianto alias Noa Rang Kuranji, wartawan harian Metro Andalas (Antara Grup Sumbar). Berkat lobinya, sehingga berhasil mendatangkan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno ke Kampung Jambak saat kampanye Pilkada Sumbar 2015 lalu.

“Saat melihat lokasi ini ketika itu, bapak gubernur secara spontan langsung menelpon kawannya dan meminta agar di daerah kami ini diberikan bantuan pembangunan masjid sumbangan dari Arab satu. Alhamdulillah, permintaan bapak gubernur langsung direspon oleh kawannya itu dan mereka setuju. Jadi, peran adik kita Nofrianto juga besar dalam pembangunan masjid ini buk walikota,” kata Zamril Rajo Perak yang didampingi Ketua RT 04, Jhony dan beberapa warga lainnya.

Ditambahkannya, sesuai kesepakatan dengan utusan dari donatur dari Arab tersebut, mereka hanya menanggung bangunan masjid saja sampai selesai. Sedangkan masalah status tanah, biaya penimbunan dan pemasangan arus listrik nantinya diserahkan sepenuhnya kepada warga setempat.
“Masalah status tanah sudah oke. Karena sudah ada surat hibahnya. Sekarang fokus kami saat ini adalah menyelesaikan masalah penimbunannya. Insya Allah, hari ini (kemarin, red) tuntas,” tukasnya menambahkan.

Pada kesempatan itu, isteri Walikota Padang, Harnely Bahar juga menyerahkan sumbangan spontanitas untuk pembelian tanah timbunan sebanyak tiga truk atau senilai Rp1.200.000,-. Sumbangan tersebut langsung diterima Zamril Rajo Perak selaku mamak kepala waris kaum Suku Jambak dan disaksikan puluhan warga setempat.

Sebelum mohon pamit, warga pun tampak antusias untuk bersalaman dengan isteri dari orang nomor satu di Kota Padang itu. Dengan ramah, isteri walikota pun melayani permintaan warga, termasuk berfoto bersama. (tf/no)

Post a Comment