Ads (728x90)


PADANGPOS.COM. (Padang),  

Puluhan Anggota DPRD Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) beserta belasan Staf Sekretarian DPRD kota Padang mengikuti kegiatan bimbingan teknis (bimtek) Sumber Daya Manusia (SDM) di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat pada 27 hingga 31 Maret 2016 kemaren . 

Tujuan kita SDM ke Jakarta dalam rangka memaksimalkan fungsi kedewanan dan menambah wawasan staf di sekretarian ke humasan DPRD Padang, ‘’kata Sekwan Ali Basar Senin [28/3] . 

Di jelaskan Ali Basar Kegiatan ini diselenggarakan oleh lembaga penelitian dan pengabdian pada masyarakat dari Universitas Krisnadwipayana dengan enam pemateri berasal dari Kementerian Dalam Negeri, salah satunya ialah Agus Fatoni dengan materi tugas dewan dalam pengawasan APBD.

 "Tema dari bimtek kali ini ialah terkait memaksimalkan fungsi dewan dalam menghadapi pelaksanaan pertanggungjawaban Wali Kota Padang tahun 2015," kata Ketua DPRD Kota Padang Erisman saat dihubungi media ini Via HP seluler. 

 Erisman menambahkan, materi-materi yang diberikan dalam kegiatan bimtek SDM tersebut di antaranya tugas dewan dalam pengawasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), tugas desentralisasi fiskal, tugas umum pemerintahan, tugas dana pembantuan dan tugas dana desentralisasi. 

Menurutnya, bimtek tersebut juga dilaksanakan dalam rangka memperkaya dan memperdalam ilmu para anggota dewan periode 2014 hingga 2019 terkait kedewanan itu sendiri, termasuk tugas pokok dan fungsinya sebagai wakil rakyat.

 "Diharapkan setelah bimtek SDM selesai, tiap anggota dewan bisa memaksimalkan kinerjanya," tegasnya. Berdasarkan Pantauan media ini bimtek SDM DPRD Padang ini diikuti oleh 42 orang anggota DPRD Padang serta didampingi oleh 15 anggota sekretariat di gedung dewan tersebut. 

Di tempat terpisah pakar politik dari Unand Padang Asrinaldi berharap agar setiap anggota DPRD Padang lebih memiliki kontribusi untuk memajukan daerahnya. 

Menurut Asrinaldi, saat ini pemerintah terlihat berjalan sendiri serta belum ada masukan strategis sehingga terkesan DPRD tidak terlalu berkontribusi untuk pengembangan kota," katanya. 

Dikatakannya lagi, ada beberapa hal yang menjadi perbaikan bagi kinerja DPRD di masa depan, seperti dalam melakukan pemeriksaan berbagai laporan pertanggung jawaban pemerintah perlu dilakukan analisis yang lebih mendalam. 

 "Seharusnya DPRD ikut mencermati semua kegiatan yang dilakukan pemerintah setiap waktu sehingga bila terdapat hal yang merugikan masyarakat, penanganannya akan lebih cepat," ujarnya. (tf/ys)

Post a Comment