Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),  


Persatuan Orang Tua Anak Dengan Down Synrdome ( POTADS) menyampaikan aspirasi ke DPRD kota Padang Selasa 15/3.2015 kemaren. Kedatangan POTADS ke DPRD kota Padang di sambut Sekretaris Komisi IV DPRD Padang Iswandi dan Anggota Komisi IV DPRD Padang Maidesta Hari Mahesa serta Wakil Ketua DPRD Padang Wahyu Iramana Putra.


Dalam hearing dengan anggota DPRD Kota Padang di ruang pertemuan Gedung Bundar ini Ketua POTADS kota Padang Anita Sari berujar, Kami hadir sebagai wadah bagi para orangtua dengan anak Down Syndrome berbagi cara mendampingi anak spesial ini. 
Dijelaskan Anita, down syndrome sendiri merupakan suatu bentuk kelainan kromosom dalam tubuh manusia. Normalnya manusia memiliki 23 pasang kromosom sehingga total berjumlah 46 buah. Namun pada anak dengan down syndrom, kromosom 21 lebih, sehingga menjadi 47 buah kromosom. 
Kelainan ini mengakibatkan lemah dan lambatnya pertumbuhan fisik dan mental penyandang down syndrome. "Kami berharap, orangtua segera memberikan terapi pada anak sehingga dapat diatasi sedini mungkin," terang Anita. Dijelaskan Anita Sari, dalam perkembangan POTADS di kota Padang kami butuh perhatian pemerintah, apalagi saat ini di kota Padang ada 158 orang lebih anak dengan penyandang dwon syndrome. 

Selain itu kami juga berharap DPRD Padang dapat menganggarKan untuk kegiatan POTADS, ‘’harap Anita. Sekretaris Komisi IV DPRD kota Padang Iswandi berujar, untuk dapat mewujudkan suksesnya program-program POTADS itu, perlu adanya penyosialisasian agar pemerintah dan masyarakat setempat juga mengetahui dan turut serta menyukseskan berbagai kegiatan itu.

Menyangkut POTADS kekurangan sarana dan prasarana penunjang untuk kegiatan anak dwon syndrome Komisi IV akan memasukkan di anggran APBD ,’’kata kader PKB ini. Hal yang sama juga dikatakan, anggota Komisi IV Maidestal Hari Mahesa . 
Dia berujar mengenai anggaran untuk organisasi POTADS ini, jika tidak bisa di anggran hibah langsung, kita usahakan nantinya dananya bisa disisipkan di dinas pendidikan atau di dinas Sosial di dalam APBD 2017. "Kalau bisa nanti diusahakan dapat masuk dalam anggaran perubahan tahun ini," kata anggota fraksi PPP ini.
Di tempat yang sama Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra, berujar, seharusnya pemerintah mendukung keberadaan organisasi ini. Apalagi POTADS mengoptimalan dan meningkatkan kemampuan anak-anak down syndrome.
Wahyu, menyarankan POTADS segera membuat proposal yang ditujukan pada pemerintah Kota Padang tujuannya agar setiap program yang akan dilaksanakan dapat dianggarkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017. Kita di DPRD kota Padang akan terus memperjuangkan APBD sesuai keinginan dan kebutuhan masyarakat. Dan ini termasuk penganggaran untuk POTADS Padang, ‘’ujar Wahyu. [ ys]

Post a Comment