Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang), 
Pedagang Pasar Raya yang menempati trotoar dan badan jalan bersiap-siap untuk pindah ke tempat representatif yang disediakan Pemerintah Kota Padang. Namun, seluruh pedagang yang ada di sepanjang jalan Pasar Baru hingga Simpang Air Mancur tersebut diminta untuk membersihkan dulu lapak-lapak mereka agar tidak menghalangi lalulintas.
Senin (14/3), penertiban terhadap para pedagang tersebut mulai dilakukan Satuan Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Kota (SK-4) Padang bersama ratusan personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Penertiban dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Nasir Ahmad, didampingi Kasat Pol PP Firdaus Ilyas dan Kadis Pasar Endrizal.
Menurut Sekda, pedagang yang menempati jalan Pasar Baru untuk sementara masih dibolehkan berjualan satu lapis di trotoar jalan, karena lokasi berjualan mereka yang baru di Pasar Inpres II masih dalam tahap finishing, yaitu menyelesaikan pembangunan toilet.
"Senin depan (21/3), pedagang yang berjualan di trotoar dan penampungan sementara sudah harus pindah ke tempat yang baru. Nantinya jalan Pasar Baru hanya dimanfaatkan untuk lalulintas," ujarnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pasar Endrizal menyebutkan, seluruh pedagang yang selama ini menempati trotoar jalan Pasar Baru berjumlah sebanyak 500 pedagang. Semua itu sudah didata dan tidak ada yang tidak mendapat tempat di lokasi yang baru.
"Kita sudah data semua, tidak ada yang tidak kebagian di tempat yang baru,"ujarnya.
Ia menambah, penertiban yang dilakukan hari ini hanya untuk merapikan kawasan jalan Pasar Baru agar mobilitas lebih lancar. Sekaligus melakukan persuasif terhadap pedagang dan memberitahukan batas waktu menempati trotoar yang dibolehkan.
"Kita menginginkan kawasan ini rapi dari sisa barang dagangan dan tenda-tenda yang semrawut, sebelum akhirnya nanti benar-benar sudah dibersihkan setelah pedagang pindah," ulasnya.
Dalam penertiban tersebut, pedagang membuka sendiri lapak-lapaknya yang berada di badan jalan. Tidak ada perlawanan dari pedagang karena pendekatan yang dilakukan pihak SK-4 yang persuasif.
"Pedagang setuju untuk bergeser sementara karena pendekatan yang kita lakukan," imbuh Endrizal.
Hingga pukul 13.00 WIB siang tadi, petugas sudah berhasil menertibkan pedagang mulai dari Simpang Kandang, Jalan Pasar Baru sampai ke Bundaran Air Mancur.(tf/du/yz)

Post a Comment