Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),  
Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo menegaskan bahwa Kota Padang aman dan nyaman untuk dikunjungi wisatawan. Hal ini dikatakannya saat ditemui, kemarin.
“Pascagempa 2 Maret lalu, Kota Padang aman dan nyaman dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara,” tegasnya.
Gempa yang terja
di pada 2 Maret lalu memang berkekuatan cukup keras, mencapai 7,8 Skala Richter (SR). Namun begitu, jarak dari Padang ke pusat gempa di Samudera Hindia, cukup jauh. Lebih kurang 800 Kilometer. Sehingga gempa yang dirasakan di Padang tidak begitu kencang.
“Setelah gempa tersebut tidak ada satupun bangunan yang rusak, karena guncangan tak begitu terasa. Usai gempa itu kehidupan di sini normal seperti biasa,” kata Mahyeldi.
Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi membenarkan bahwa kondisi di Padang pascagempa tetap normal seperti biasa. Tidak mempengaruhi tingkat hunian hotel di Kota Padang.
“Kami telah konfirmasi PHPI, tak ada satupun pembatalan hunian hotel dari pengunjung. Begitu juga dengan ASITA, tidak ada turis mancanegara yang membatalkan kunjungannya ke Kota Padang,” aku Medi.
Namun begitu, Medi tak menampik jika kunjungan wisatawan lokal sedikit mengalami penurunan. Terutama kunjungan wisatawan ke pulau maupun ke Pantai Air Manis.
“Penurunannya sekitar 20 persen dan itu relatif terjadi,” ungkapnya.
Pemerintah Kota Padang terus melakukan penataan terhadap objek wisata yang ada. Pantai Padang kini telah bebas dari pedagang yang berjualan di sepanjang batu grip. Pengunjung dapat menikmati langsung keindahan Pantai Padang tanpa harus terhalang bangunan maupun lapak pedagang.
Begitu juga di objek wisata lain seperti Muaro dan Pantai Air Manis. Hal ini seiring dengan rencana Pemerintah Kota Padang untuk menjadikan Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang sebagai ikon wisata andalan Kota Padang ke depan. Apalagi dalam tahun ini Kota Padang akan menjadi tuanrumah sejumlah iven akbar, baik skala nasional maupun internasional.
“Tentunya kita ingin iven itu sukses kita tuanrumahi. Kami mengimbau kepada seluruh turis lokal maupun mancanegara untuk terus berkunjung ke Kota Padang. Karena di sini cukup aman dan nyaman,” pungkas Medi.(tf/ch/mn)

Post a Comment