Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang), 

Persiapan Pemerintah Kota Padang dan Lantamal II Teluk Bayur Padan dalam menyukseskan agenda internasional Multilateral Naval Excerses Komodo 2016 di Kota Padang di bulan ini mendekati rampung. 

Sekretaris Daerah Kota Padang, Nasir Ahmad bersama Wadanlantamal II Teluk Bayur Padang, Kolonel Laut Widhy menyebut bahwa kesiapan helat tersebut sudah 95 persen.

“Jika kita lihat di setiap lokasi akan dilaksanakannya MNEK 2016, kesiapan kita sudah 95 persen,” ungkap Sekda Nasir Ahmad, di Pantai Muaro Lasak, Rabu (6/4). 

Sekda mengatakan, MNEK 2016 akan dilangsungkan 10-16 April nanti. Lokasi tempat diselenggarakannya iven ini diantaranya yakni Teluk Bayur, Pantai Muaro Lasak, Danau Cimpago, dan lainnya. “Tugu Merpati Perdamaian juga hampir selesai dikerjakan, kita harapkan dukungan masyarakat untuk suksesnya agenda ini,” tukas Sekda didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi serta lainnya.

Sementara itu, Wakil Komandan Lantamal II, Kolonel Laut, Widhy menyebut 37 negara yang ambil bagian pada kegiatan ini akan menghadirkan 30 jenis kapal. Pada satu kapal terdapat 150 Anak Buah Kapal (ABK). “Selain itu juga diramaikan 28 Kapal Republik Indonesia (KRI),” katanya.

Menurutnya, tidak seluruh peserta yang dapat merapat ke pinggir dermaga Teluk Bayur. Hal ini dikarenakan kondisi kapal yang cukup besar. “Seluruh kapal hanya akan berada di tengah laut,” sebutnya.

Widhy menekankan, MNEK 2016 akan berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat Kota Padang khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya. “Harapan saya, masyarakat dapat menyemarakan kegiatan ini, karena kegiatan berskala Internasional. Kita memperkenalkan Kota Padang

di mata Internasional, selain itu kita punya kegiatan kirab kota yang akan dihadiri oleh taruna. Termasuk kegiatan lain yakni open ship bagi kapal KRI Dewa Ruci yang terbuka untuk umum. Masyarakat disilahkan untuk datang melihat kegiatan ini,” sebutnya.

Lebih lanjut Kolonel Laut Widhy menjelaskan, pembukaan kegiatan Multilateral Naval Excersise Komodo 2016 akan di laksanakan di Mako Lantamal II Teluk Bayur Padang pada 12 April mendatang oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Presiden akan melakukan inspeksi semua kapal-kapal peserta serta melakukan peresmian monument merpati perdamaian yang berada di objek wisata Muaro Lasak.

Pagi itu, seluruh rombongan meninjau langsung masing-masing venue tempat bakal dilangsungkannya acara MNEK. Lokasi yang ditinjau yakni Muaro Lasak, Danau Cimpago, lapangan Beach Soccer di Muaro Lasak, serta Banjir Kanal tempat akan digelarnya selaju sampan.(tf/ch)

Post a Comment