Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang), 

Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) diharapkan harus terencana, terarah dan terpadu. Demi lebih mengoptimalkan pelaksanaanya, kali ini Selasa (3/5) digelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) UKS/M Kota Padang tahun 2016. K

egiatan yang dilangsungkan di Aula Gedung Pramuka tersebut, dibuka Walikota Padang yang diwakili Asisten II Bidang Ekbang Kesra, Eyviet Nazmar.

Eyviet mengatakan, kesehatan begitu penting dalam kehidupan manusia khususnya seperti dalam hal ini pada diri anak didik atau warga di lingkungan sekolah. Karena esehatan juga mempengaruhi prestasi, pemerintah telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri.

“Kita ketahui, UKS/M bertujuan untuk meningkatkan kesehatan bagi para murid dan warga lingkungan sekolah. Namun kenyataan yang kita lihat saat ini, pelaksanaannya masih belum optimal. Karena dari beberapa sekolah ada yang UKS/M berjalan dengan baik dan ada juga yang tidak melaksanakannnya atau hanya sekedar formalitas saja,” ujar Eyviet.

Terkait itu Eyviet menekankan, persoalan tersebut menjadi perhatian bersama ke depan. Ini mengingat, UKS/M merupakan bagian penting dalam tatanan pendidikan yang difokuskan untuk peningkatan kesehatan anak didik di sekolah.

“Pada 2015 lalu, Kota Padang berhasil mendapat penghargaan di bidang UKS dengan meraih peringkat pertama di tingkat TK dan SLTA pada lomba sekolah sehat tingkat Sumatera Barat. Sehingga sekolah tersebut maju ke tingkat nasional Mei 2016 ini. Oleh karena itu tentu kita berharap, sekolah ini bisa mewakili Kota Padang untuk meraih peringkat nasional,” harap Eyviet.

Kemudian dia menambahkan, dalam kegiatan Rakerda UKS/M Kota Padang 2016, diharapkan akan memacu sekolah-sekolah lainnya agar bisa meningkatkan UKS/M-nya. Sehingga itu kepada tim pelaksana UKS/M, harus menunjukkan kreatifitas dan kerja keras, demi terciptanya murid yang sehat, sekolah berkualitas dan prestasi yang semakin meningkat.

“Untuk itu kepada Tim Pembina UKS/M baik di tingkat kecamatan dan tingkat kota, memiliki peran penting dalam pelaksanaan UKS/M ini. Juga kepada seluruh SKPD terkait yang tergabung dalam SKB 4 Menteri, harus berperan aktif sesuai tugas masing-masing. Harapan kita, pembinaan dan pengembangan UKS yang sasarannya meliputi TK/RA, SD/MI, SMP/MTS dan SLTA/MAN ini semuanya dapat berjalan optimal,” harapnya.

Setelah itu, Panitia Pelaksana Rakerda UKS/M Kota Padang 2016, disampaikan Kabag Kesra Setdako Padang, Al Amin menyebutkan, dalam Rakerda tersebut tema yang diangkat yaitu terkait tugas pokok dan fungsi masing-masing instansi pada Tim Pembina UKS/M Kota Padang. Tujuannya utamanya tentu, demi meningkatnya koordinasi dalam pengelolaan manajemen pembinaan dan pengembangan UKS di Padang ke depan.

“Sehingga hasil yang kita harapkan antara lain, menyatunya persepsi tentang pembinaan dan pengembangan UKS/M. Lalu terkoordinasinya perencanaan kegiatan pembinaan dan pengembangan UKS/M ke depan, dengan menyatunya gerak dan langkah dalam setiap pembinaan dan pengembangannya,” sebut Al Amin.

Al Amin melanjutkan, peserta Rakerda UKS/M kali ini berjumlah 110 orang. Terdiri dari pengurus dan anggota Tim Pembina UKS/M tingkat kota dan kecamatan. Lalu UPTD Diknas, Puskesmas dan KUA se Kota Padang, Kepala Sekolah pemenang lomba sekolah sehat tingkat kota dan propinsi serta beberapa Ketua OSIS tingkat SMP dan SMA se Kota Padang.

“Adapun nara sumber yakni dari Kepala Biro Bansos Sumbar, Kabag Kesra, Kadis DKK, Kepala Dinas Pendidikan, dan Kepala Kantor Kemenag Padang. Semoga kegiatan ini akan mencapai sasaran seperti yang diharapkan,” tukas Al Amin mengakhiri. (tf/dv)

Post a Comment