Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),

Wakil Walikota Padang, H. Emzalmi mengapresiasi bakal adanya pembudidayaan Ikan Sibat di Kota Padang. Hal ini dikatakan Wawako, sewaktu meninjau kesiapan tempat pembibitan ikan di Balai Benih Ikan (BBI) di Bungus Selatan Kecamatan Bungtekab, Sabtu (30/4) lalu.

Persiapan tersebut, dalam rangka pembudidayaan Ikan Sidat yang akan dikerjasamakan bersama Asosiasi Ikan Sidat Nasional (AISIN) yang direncanakan bakal diresmikan dalam waktu dekat.

Wawako mengatakan, dalam pembudidayaan Ikan Sidat tersebut, ke depan Pemko akan menjalin kerja sama dengan AISIN yang memiliki tim ahli sidat dari Jepang, Mr Kanaisan.

"Untuk itu, kita telah menyiapkan beberapa kolam-kolam pembibitan sesuai peruntukkannya nanti. Kolam ini berada di lahan pemko yang dikelola Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Padang," terang Wawako didampingi Kepala DKP, Zalbadri.

Wawako melanjutkan, pembudidayaan Ikan Sidat ini merupakan terobosan baru. Jika pembudidayaan ikan sidat ini berhasil, maka akan menyebabkan tumbuhnya sumber ekonomi baru bagi masyarakat Kota Padang.
"Ini dikarenakan, nilai jual Ikan Sidat tersebut sangat tinggi, harganya mencapai Rp 400 ribu per/kg. Sementara terkait pemasarannya sudah ada yang akan menampungnya.

"Alhamdulillah, kolam tempat pembudidayaannya sudah kita sediakan. Dengan sirkulasi airnya sesuai peruntukkan. KIta berharap upaya ini terwujud," tukas Wawako. (tf/dv/bt/fs)

Post a Comment