Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang), 

Walikota Padang H. Mahyeldi menutup secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran Ikatan Keluarga Koto Tangah (MTQ IKKT) ke-1 Tingkat Sumbar pada dinihari menjelang sahur di Masjid Raya Nagari Koto Tangah, Selasa (21/6). MTQ yang sebelumnya dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat ini berhasil melahirkan qori dan qoriah terbaik.

Menurut Mahyeldi, MTQ merupakan salah satu upaya menumbuhkan kecintaan generasi muda islam terhadap Alquran. Kecintaan tersebut akan melahirkan generasi yang memiliki akhlak mulia sesuai tuntunan kitab suci umat islam tersebut.

"Kita ingin menumbuhkan rasa cinta generasi muda terhadap alquran sehingga mereka memiliki akhlak mulia," katanya.

Sementara itu, Ketua Pengurus IKKT Irjen. Pol. (purn) H. Syafrizal Ahiar selaku pemrakarsa kegiatan MTQ IKKT ini, menyebut akan lebih sering menggelar kegiatan keagamaan termasuk MTQ. Semua itu untuk mempersiapkan generasi yang memiliki ketakwaan dan memahami agama, karena generasi hari ini merupakan pemimpin di masa datang.

"MTQ dan kegiatan keagamaan lainnya akan lebih sering digelar agar generasi muda calon pemimpin masa depan memiliki pemahaman yang bagus terhadap agamanya," ujarnya.

Pada ajang ini, qoriah asal Kota Padang, Yanti Novita, diputuskan sebagai peserta putri terbaik I dengan jumlah nilai 94, terbaik II putri Annisaul Malika dari Limapuluhkota, dan terbaik III putri Kuntum Khaira Ummah dari Bukittinggi. Untuk terbaik I putra Eri Candra dari Solok, terbaik II Ridwan dari Padang, dan terbaik III Albizar dari Tanah Datar. Masing-masing pertama mendapatkan hadiah uang, untuk terbaik I sebesar Rp5 juta, terbaik II Rp3 juta dan terbaik III Rp2 juta.(tf/du)

Post a Comment