Ads (728x90)

PADANGPOS.COM (Jambi),

Sebanyak 98 walikota se-Indonesia akan menghadiri Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Munas Apeksi) ke-5 di Kota Jambi, 26-28 Juli 2016 ini.

Perhelatan nasional menurut rencana akan dibuka Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri beberapa Menteri Kabinet Kerja tersebut.

Selain munas, di sini juga akan digelar pameran berkelas nasional yaitu City Expo yang akan diikuti ratusan stan dari berbagai daerah baik instansi pemerintah maupun swasta termasuk UMKM.

Pada area City Expo tersebut juga disediakan panggung hiburan dan kesenian. Selain diisi berbagai hiburan, panggung tersebut juga akan menyajikan tampilan ragam budaya dan seni dari utusan pemko se-Indonesia.

Sebelum City Expo dibuka, terlebih dahulu akan diselenggarakan Pawai Budaya Nusantara. Para walikota se-Indonesia dengan delegasi dan duta budayanya akan turun ke jalan mengikuti parade budaya, dengan berbagai kreasi pernak-pernik khas daerah masing-masing.

Munas ke V di Kota Jambi tahun ini, tema yang diangkat adalah Implementasi Pasca Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Karena saat ini, Indonesia telah memasuki UU yang baru tentang pemerintahan daerah.

Tema itu diangkat karena menyangkut kebijakan umum pemerintahan daerah, dana transfer daerah, aparatur sipil negara dengan Undang-Undang ASN, dan masih adanya tumpang tindih UU sektoral dengan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014.(tf/ch/du/mn)

Post a Comment