Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang), 

Sebuah kapal putih berukuran besar berada di perairan laut Kota Padang. Di lambung kapal itu terdapat tanda tambah berwarna merah. Juga tertulis USNS Mercy. 

Kapal tersebut hampir sebulan berada di perairan laut Kota Padang. Kapal besar itu merupakan kapal rumah sakit United State Naval Ship (USNS) Mercy (T-AH 19). Keberadaannya dalam rangka kegiatan "Pacific Partnership 2016" di Kota Padang.

Pada kegiatan "Pacific Partnership 2016" kali ini sebanyak tujuh negara turut berkecimpung. Cukup banyak misi ajang berbagi antar negara. Khusus di kapal USNS Mercy, antar negara peserta saling berbagi materi dalam prosedur medis.

Lalu apa saja yang ada di kapal USNS Mercy?

Kapal milik US ini dapat menampung 1.000 pasien. Sering dilakukan operasi medis di kapal ini. Dilengkapi dengan sejumlah fasilitas medis seperti Instalasi Gawat Darurat (IGD), ICU, ruang operasi, ruangan x-ray, mesin CT Scan, dengan standar rujukan adalah rumah sakit umum di Amerika.

Kemudian pada kapal yang telah diserahkan ke Angkatan Laut AS sejak 19 Desember 1986 itu juga memiliki dua alat produksi oksigen sendiri, dan bank darah beku yang bisa menyimpan 3.500 kantong darah. Ketika terjadi bencana di darat, kapal ini menjadi rumah sakit alternatif di laut.

Dengan keberadaan kapal tersebut diharapkan personel kesehatan TNI maupun negara lain dapat meningkatkan kecakapan dalam memberikan pertolongan darurat, kemampuan koordinasi, melatih standar kontijensi saat bencana, serta mempererat hubungan kerjasama antara negara sahabat.(tf/ch)

Post a Comment