Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Jambi), 

Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo bersilaturahmi dan berhalal bi halal dengan seluruh warga Minang di Jambi, Jumat (29/7) malam. Warga Minang yang tergabung ke dalam Himpunan Masyarakat Minangkabau (HMM) Jambi itu dititipkan Walikota Padang kepada Gubernur Jambi.

“Atas nama Pemerintah Kota Padang kami titipkan masyarakat Sumbar yang ada di Jambi. Mudah-mudahan, insya Allah, Pak Gubernur yang jadi ‘niniak mamak’, Kalau ada yang salah tolong ditegur,” ujar Mahyeldi di depan Gubernur Jambi dan seluruh anggota HMM Jambi yang memadati Aula RRI Jambi.

Walikota mengatakan, peran orang rantau cukup besar. Tidak saja kepada rantau tempat ia menetap, akan tetapi juga bagi ranah (kampung). 

"Mudah-mudahan dengan semangat perantau di sini akan menambah gairah dan kebaikan bagi Jambi sendiri,” tuturnya.

Mahyeldi tak memungkiri jika peran perantau cukup besar dalam pembangunan di ranah (kampung). Tanpa dukungan dari perantau, ekonomi di Sumatera Barat tidak akan menggeliat. 

"Ketika perantau sukses di rantau, pasti akan membangun masjid. Karena masjid di dalam kehidupan masyarakat Minang menyatu dengan adat istiadatnya. 

Walikota berharap, dengan digelarnya silaturahmi dan halal bi halal HMM Jambi ini akan memanjangkan umur perkumpulan tersebut. Serta akan memberi kesehatan bagi warga Minang di Jambi. 

"Karena dari banyak perantau, ketika ada anak kemenakan yang datang dari kampung, maka organisasi itu akan memberi perhatian, dan HMM ini juga begitu,” sebutnya.

Sementara itu, Asisten I Pemerintahan, Asnawi AB mewakili gubernur Jambi mengatakan bahwa pihaknya cukup mengapresiasi kekompakan warga Minang di Jambi. Menurutnya hal ini mesti terus dipertahankan.
"Harapan Walikota Padang akan kami jawab dengan memberi perhatian kepada warga Minang di sini,” sebutnya.

Dalam silaturahmi dan halal bi halal itu, Walikota Padang beserta istri Ny Harneli Mahyeldi dan sejumlah Kepala SKPD didapuk untuk bernyanyi. 

Dua lagu minang berhasil dinyanyikan di depan seluruh anggota HMM Jambi. Selain itu juga diberikan cenderamata kepada walikota dan gubernur. Malam itu, seluruh anggota HMM juga disuguhi tarian minang yang dibawakan sanggar tari “Tuah Sakato”.(tf/ch/mn)

Post a Comment