Ads (728x90)

PADANG POS (Kota Pariaman)-Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang terletak di Kampung Pondok Pariaman Tengah, Kota Pariaman nyaris hangus oleh sigulambai, sekitar pukul, 20.30 WIB, Rabu, 7 September 2016. 

Namun berkat kesigapan salah seorang warga Sumarwan (54) dan petugas SPBU tersebut , api dapat dipadamkan melalui siraman racun api yang sudah tersedia ditempat kejadian. 

Peristiwa diawali suara letusan disertai percikan api dari mesin pengisian jenis Pertamax dan Peterlite itu, sehingga membuat warga sekitar Kelurahan Kampuang Pondok, Pariaman Tengah berdatangan untuk melihatnya. 

Kemudian, lokasi SPBU  juga bersebelahan dengan Rumah Dinas Sekdako Pariaman pada sebelah Selatan dan Kantor Koperindag, Galeri, dan Lingkungan Hidup pada sisi sebelah Utaranya.  Sedangkan para komsumen yang mengisi bahan bakar lainnya Premium dan Bio Salar, berhamburan menyelamatkan diri.

Menurut keterangan Sumarwan, di tempat kejadian perkara (TKP) menyebutkan, dirinya begitu mendengaran letusan disertai percikan api, langsung mendatangi lokasi dengan mengambil racun api yang terletak tak berapa jauh dari mesin pengisian tersebut. "Kami bersama petugas SPBU lainnya langsung mempergunaan racun api. Yang dapat dipergunakan satu tabung, sedangkan satu lagi macet untuk dipergunakan  dan Alhamdulillah, api dapat dipadamkan dengan cepat, kalau tidak, entahlah," sebutnya.
Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) IPDA Erjunaidi kepada awak media menyebutkan , diduga api berasal dari hubungan arus pendek listrik pada mesin pengisian jenis Pertamax dan Peterlite itu. "Kami belum memastikan penyebab kebakaran pada mesin tersebut secara penuh. Dugaan itu, dianalisa dari adanya pipa yang bocor, sehingga menimbulkam percikan api sewaktu mesin dioperasionalkan. Dalam kasus ini, pihaknya akan mendatangkan Tim Identifikasi Polda Sumbar untuk penyelidikan lebih lanjut," katanya. (Saco)*

Post a Comment