Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang),

Pemerintah Kota Padang menargetkan tahun 2017 nanti Padang menjadi kota sehat. Mewujudkan itu, Forum Kota Sehat (FKS) Kota Padang terus melakukan pembinaan kepada Forum Kecamatan Sehat dan Pokja Kelurahan Sehat se-Kota Padang. 

Rencananya, FKS Kota Padang akan melakukan pembinaan kepada Forum Kecamatan Sehat dan Pokja Kelurahan Sehat pada medio September ini. Pembinaan ini dilakukan secara rutin setiap tahun. 

"Pembinaan dilakukan untuk menumbuhkembangkan semangat akar rumput yang pada dasarnya terwujudnya Indonesia Sehat itu adalah dari Kelurahan yang sehat," ujar Ketua Forum Kota Sehat Kota Padang, Rukayah Anwar, Jumat (9/9).

Pembinaan tersebut dilakukan 14 September ini. Rukayah berharap Pokja Kelurahan Sehat dapat bersinergi dengan semua lini dalam menjalankan program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan lingkungan.

"Mereka diharap sebagai motivator, fasilitator, untuk menjembatani persoalan yang muncul di tengah-tengah masyarakat baik tentang kesehatan, sosial maupun lingkungan," papar Rukayah.

Rukayah juga menekankan agar Forum Kecamatan Sehat dan Pokja Kelurahan Sehat terus intens melakukan pembinaan dan menjembatani segala persoalan di tengah masyarakat. Serta meningkatkan peranan masyarakat dalam mewujudkan forum kota sehat mulai dari lingkup terkecil, hingga nanti terlaksananya tatanan kota sehat menuju Padang Sehat 2017.

"Harapan kita benar-benar tercipta perilaku masyarakat yang proaktif untuk meningkatkan kondisi masyarakat dan mencegah ancaman timbulnya berbagai macam penyakit, serta terwujudnya perilaku masyarakat yang bebas pencemaran, pemukiman sehat, tata ruang yang sesuai, dan saling tolong menolong dalam mewujudkan pola hidup sehat," jabarnya.

Di sisi lain Rukayah menyebut bahwa FKS Kota Padang terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan instansi terkait masalah kesehatan yang terjadi di tengah masyarakat.

FKS bersama Dinas Kesehatan dan instansi terkait turun ke tengah masyarakat melakukan sosialisasi. Termasuk sosialisasi kepada forum dan pokja kelurahan sehat, sekolah-sekolah, masjid, serta pesantren ramadhan.

"FKS juga melakukan sosialisasi tentang pentingnya perlindungan konsumen di usia dini dari bahaya zat kimia lainnya," terangnya.(tf/ch)

Post a Comment