Ads (728x90)

PADANGPOS.COM. (Padang), 

Setelah sempat terjadi tarik ulur waktu penyelenggaraan, akhirnya Festival Silat Internasional (FSI) di Kota Padang resmi dibentang. Jika tak ada aral melintang, helat ini digelar mulai 17 - 23 Oktober 2016. 

Kepastian ini diutarakan Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Padang Zulhardi Z. Latif, Jumat (9/9). 

"Festival Silat Internasional dipastikan digelar Oktober nanti," ujarnya.

FSI ini akan diikuti oleh lebih kurang 12 negara. Negara peserta diantaranya Jepang, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Papua Nugini, serta Amerika Serikat.

"Iven ini dipusatkan di Padang," beber Zulhardi.

Dijabarkan Zulhardi, sebenarnya FSI dimulai pada 20 - 23 Oktober. Tetapi karena agenda ini tidak saja menggelar silat internasional, sehingga iven ini dimulai pada 17 Oktober dan berakhir 23 Oktober. Sebelum memulai silat internasional, lebih dulu digelar pencak silat antar Kota Padang, antar kabupaten / kota, serta antar provinsi.

"Kegiatan ini dimulai dari tingkat bawah hingga ke tingkat internasional," paparnya.

Dalam agendanya, pada 17 Oktober digelar gelanggang silih berganti antar sasaran se-Kota Padang. Kemudian setelah itu diadakan gelanggang silih berganti antar kabupaten / kota. Serta antar provinsi.
"Sesudah itu pada 20 Oktobernya baru digelar silat internasional," tutur Zulhardi.

Zulhardi mengaku sejumlah negara telah mendaftarkan diri. Hingga detik ini, delapan negara telah memastikan diri untuk ikut serta. Sedangkan untuk tingkat provinsi, sebanyak 6 provinsi sudah mengkonfirmasi keikutsertaannya.

"Kita yakini peserta akan terus bertambah hingga menjelang pelaksanaan," sebutnya.

Direncanakan, FSI akan dilangsungkan di Gedung Serba Guna Universitas Negeri Padang. Tempat tersebut dianggap cukup layak dan memenuhi syarat.(tf/ch)

Post a Comment